Teknologi

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik Saat Bepergian

25
×

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik Saat Bepergian

Share this article

Jakarta – WiFi masyarakat adalah cara enak untuk tetap terhubung ketika bepergian, baik ke kafe, pusat perbelanjaan, atau bandara. Namun, penting untuk menyadari pertimbangan keamanan pada waktu menyambung ke jaringan bukan terbatas ini. 

“Terkadang, penjahat siber menyebabkan jaringan WiFi palsu atau menyusupi jaringan yang sudah ada ada. Mereka kemungkinan besar menggunakan nama yang digunakan sangat mirip dengan jaringan yang mana sah untuk mengelabui pengguna agar terhubung. Setelah terhubung, informasi pribadi seperti login media sosial, detail perbankan, lalu alamat email menjadi rentan terhadap intersepsi kemudian penyalahgunaan,” ujar Anna Larkina, pakar analisis konten web ke Kaspersky di keterangannya, Jumat, 5 Juli 2024.

Terlepas dari kegelisahan ini, ada cara efektif yang mana dapat dijalankan pengguna untuk melindungi diri dan juga  memastikan data terus aman. Untuk mengurangi risiko bola maya yang mana tiada perlu, para ahli Kaspersky merekomendasikan praktik berikut:

1.    Hanya menghubungkan ke WiFi umum bila diperlukan. Umumnya disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi umum belaka apabila benar-benar diperlukan lantaran prospek kerentanan keamanannya.

2.    Memverifikasi keaslian jaringan. Saat menggunakan WiFi publik, mengonfirmasi keabsahan jaringan dengan staf infrastruktur dapat membantu mengurangi koneksi ke jaringan palsu yang tersebut kemungkinan besar menangkap informasi pribadi.

3.    Memperhatikan halaman login jaringan WiFi publik. Jika ia memohonkan kredensial login melalui media eksternal seperti jejaring sosial, ini adalah tanda peringatan. Permintaan yang dimaksud dapat mengindikasikan upaya phishing yang mana bertujuan untuk mencuri informasi pribadi.

4.    Menghindari kegiatan sensitif ke WiFi publik. Merupakan praktik yang dimaksud aman untuk mencegah akses website web yang digunakan memerlukan informasi login, khususnya layanan keuangan, pada waktu terhubung ke WiFi publik. Praktik ini secara signifikan mengempiskan risiko intersepsi data sensitif.

5.    Meningkatkan privasi serta keamanan dengan VPN. Menggunakan VPN ketika menggunakan WiFi umum dapat meningkatkan privasi internet seseorang secara signifikan. VPN modern mengenkripsi data juga melindungi aktivitas online dari akses tak sah, juga penggunaannya tidak ada terlalu memengaruhi kecepatan internet, sehingga cocok untuk digunakan terus-menerus.

Mengikuti tip berikut juga menggunakan VPN yang digunakan andal menegaskan pengalaman menjelajah pengguna pada jaringan WiFi masyarakat permanen bersifat personal. Selain menyediakan enkripsi data, beberapa solusi keamanan komprehensif melindungi dari bermacam risiko bola maya seperti phishing, di mana penipu memproduksi jaringan palsu untuk mencuri kredensial login, lalu spoofing DNS, yang mengarahkan pengguna ke platform berbahaya. 

Selain itu, enkripsi VPN membantu melindungi diri dari serangan yang tersebut ditargetkan yang dimaksud dapat mengeksploitasi riwayat penelusuran lalu informasi sensitif lainnya, hingga menawarkan pengamanan kuat terhadap peluang bahaya yang mana terkait jaringan WiFi publik. VPN juga dapat digunakan terus-menerus, tak belaka di skenario tertentu seperti menyambung ke jaringan WiFi publik.

Artikel ini disadur dari Tips Aman Menggunakan WiFi Publik Saat Bepergian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *