Teknologi

Mengenal Apa Itu Ransomware, Cara Kerja, lalu Jenis-Jenisnya

19
×

Mengenal Apa Itu Ransomware, Cara Kerja, lalu Jenis-Jenisnya

Share this article

Jakarta – Pusat Angka Nasional (PDN) Negara Indonesia terkena serangan ransomware pada 20 Juni 2024 berikutnya yang tersebut menyebabkan kehilangan beberapa data penting, Lantas, apa itu ransomware, apakah berbahaya?

Ransomware adalah salah satu ancaman terbesar di bola digital yang mana dapat menimpa siapa saja, mulai dari individu hingga perusahaan besar.

Serangan ini sanggup melumpuhkan sistem komputer kemudian memunculkan kerugian finansial yang digunakan signifikan.

Agar tambahan mengetahui apa itu ransomware, cara kerja, lalu jenis-jenisnya, berikut ini informasinya untuk Anda.

Apa Itu Ransomware

Mengutip dari laman Kemenkeu, ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya (malware) yang digunakan dirancang untuk mengunci atau mengenkripsi data pada perangkat individu yang terjebak sehingga tak dapat diakses. 

Pelaku kemudian menuntut pembayaran tebusan (ransom) dari orang yang terdampar untuk mendapatkan kunci dekripsi atau memulihkan akses ke data tersebut.

Ransomware seringkali dirancang untuk menyebar ke seluruh jaringan serta memiliki target database dan juga server file, sehingga dapat dengan cepat melumpuhkan seluruh organisasi. 

Hal ini dapat bermetamorfosis menjadi ancaman yang mana besar serta mampu berubah jadi kejahatan penting yang mana meresahkan.

Cara Kerja Ransomware

Cara kerja ransomware adalah menggunakan enkripsi asimetris sejenis kriptografi yang dimaksud menggunakan sepasang kunci untuk mengenkripsi dan juga mendekripsi file.

Ransomware biasanya masuk sistem melalui email phishing, unduhan yang mana tiada aman, atau kerentanan pada perangkat lunak.

Setelah masuk, ransomware akan menyebar ke seluruh jraingan serta mencari data penting untuk dienkripsi. Ransomware menjadikannya tak diakses tanpa kunci deskripsi.

Setelah itu, pelaku mengirimkan arahan tuntutan tebusan di bentuk Bitcoin atau mata uang kripto lainnya untuk mendapatkan kunci deskripsi.

Jenis-jenis Ransomware

Secara umum, ransomware dapat dibedakan berubah menjadi lima jenis, di dalam antaranya sebagai berikut.

1. Encrypting Ransomware

Encrypting ransomware merupakan bentuk ransomware yang mana paling umum. Ransomware ini menggunakan algoritma enkripsi yang digunakan kuat sehingga dapat mengenkripsi data pengguna yang menyebabkan lumpuh akses tanpa kunci dekripsi yang dimaksud benar.

2. Locker Ransomware

Jenis kedua adalah locker ransomware. Berbeda dengan encrypting, ransomware jenis yang tersebut satu ini tak mengenkripsi file tetapi memblokir akses ke sistem secara keseluruhan tak lama kemudian menampilkan instruksi yang tersebut menghalangi pengguna untuk mengakses perangkatnya. 

Locker ransomware seringkali menyamar sebagai pemberitahuan palsu dari pihak berwenang seperti polisi.

3. Master Boot Record (MBR) Ransomware 

Master Boot Record (MBR) Ransomware adalah malware yang menyerang dengan berperan di serangkaian booting sistem operasi. 

Ransomware ini akan memblokir akses ke sistem yang menyebabkan perangkat tiada dapat digunakan oleh pengguna.

4. Mobile Ransomware

Mobile Ransomware adalah malware yang digunakan dirancang khusus untuk menyerang perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. 

Ransomware ini dapat mengenkripsi data pada perangkat atau memblokir akses ke program serta fungsi penting.

5. Scareware

Scareware adalah ransomware yang menggunakan taktik penyalahgunaan dengan menampilkan arahan ancaman palsu untuk pengguna. 

Pesan yang disebutkan biasanya berisi peringatan serius palsu tentang pelanggaran hukum atau kegiatan ilegal yang digunakan dituduhkan untuk pengguna dengan tujuan untuk menakut-nakuti.

AULIA ULVA

Artikel ini disadur dari Mengenal Apa Itu Ransomware, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *