Teknologi

Info Terkini Gempa Dangkal Guncang Sumedang, Dirasakan pada Skala II MMI

16
×

Info Terkini Gempa Dangkal Guncang Sumedang, Dirasakan pada Skala II MMI

Share this article

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan juga Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Kota Sumedang, Jawa Barat, serta sekitarnya pada hari Jumat, 05 Juli 2024, pukul 13:28:55 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan juga 107.93 BT, atau tepatnya berlokasi ke darat pada jarak 4 kilometer timur laut Wilayah Sumedang pada kedalaman 9 kilometer.                

“Dengan memperhatikan tempat kejadian episenter juga kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bergerak di dalam wilayah Sumedang,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi serta Tsunami BMKG Daryono pada keterangannya, Jumat.    

Dampak gempa bumi yang tersebut digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG juga berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  ke wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang tersebut digantung bergoyang.

Namun, hingga ketika ini belum ada laporan mengenai kehancuran bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 13:58 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Artikel ini disadur dari Info Terkini Gempa Dangkal Guncang Sumedang, Dirasakan pada Skala II MMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *