Teknologi

Begini Cara Blokir SMS Spam

17
×

Begini Cara Blokir SMS Spam

Share this article

Jakarta – Penipuan melalui Short Message Service (SMS) spam masih banyak berlangsung dalam era digital seperti pada waktu ini. Pesan-pesan penyalahgunaan ini biasanya dikirim dari nomor pribadi juga bukan secara resmi mengatasnamakan provider. Lantas, bagaimana cara memblokir SMS Spam?

1. Blokir tanpa aplikasi

Memblokir SMS tanpa perangkat lunak sangat mudah. Cukup membuka SMS yang disebutkan setelah itu ketuk titik tiga pada pojok kanan menghadapi layar. Selanjutnya pilih opsi block number agar nomor yang sejenis tak lagi dapat mengirimkan SMS. Cara ini berlaku untuk semua jenis HP Android maupun iPhone.

2. Blokir dengan aplikasi

Anda dapat mengunduh perangkat lunak blokir spam seperti Truecaller kemudian Hiya untuk mengatasi SMS spam yang dimaksud mengganggu. Aplikasi yang disebutkan dapat digunakan untuk memblokir SMS dari nomor tak dikenal. Selain itu, dapat juga menggunakan perangkat lunak yang tersebut mampu memblokir SMS berdasarkan kata-kata yang mana rutin digunakan.

3. Lapor ke Kominfo

Anda juga dapat menciptakan laporan yang tersebut ditujukan ke Kementerian Komunikasi juga Informatika melalui kanal website aduannomor.id. Aduan pemblokiran dapat direalisasikan berdasarkan bukti tangkapan layar SMS. Selanjutnya laporan yang dimaksud akan diverifikasi oleh anggota juga apabila terbukti spam atau terindikasi penipuan, akan dilaksanakan pemblokiran oleh petugas.

4. Filter SMS

Di ponsel Android, Anda dapat menonaktifkan semua instruksi spam potensial dari perangkat lunak Google Messages. Caranya dengan mengetuk ikon profil ke kanan melawan program juga pilih Setelan Pesan, tak lama kemudian ketuk Perlindungan spam. Aktifkan pemeliharaan spam, kemudian ponsel Anda sekarang akan memberi tahu Anda jikalau ada instruksi masuk yang mana diduga sebagai spam.

Di iPhone, Anda dapat membuka Setelan setelah itu klik Pesan, pasca itu aktifkan sakelar pada samping Filter Pengirim Tak Dikenal. Ini adalah akan memfilter arahan dari pengirim tak dikenal ke di foldernya sendiri di dalam di aplikasi mobile Apple Messages .

Jika anda menerima SMS spam, jangan berinteraksi dengan arahan tersebut. Jika Anda mengklik tautan atau lampiran pada arahan spam, hal itu dapat mengakibatkan malware yang tersebut menginfeksi ponsel Anda.

Pesan resmi dari suatu perusahaan yang mana menawarkan pemasaran atau lainnya, berbagai dari merekan yang dimaksud menyertakan opsi untuk mengirim arahan “STOP” guna memberi tahu perusahaan agar menghapus Anda dari daftar distribusi mereka. Tetapi hal ini tak akan berhasil bagi penipu atau pengirim SMS spam lainnya. 

KORAN TEMPO | PCMAG | KOMINFO

Pilihan Tempo: Operator Bantah SMS Murah Picu Spamming

Artikel ini disadur dari Begini Cara Blokir SMS Spam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *