Teknologi

Ada Dugaan Orang Dalam terkait Peretasan PDNS, Semuel Pangerapan: Semua Lagi Investigasi

18
×

Ada Dugaan Orang Dalam terkait Peretasan PDNS, Semuel Pangerapan: Semua Lagi Investigasi

Share this article

Jakarta – Viral di dalam media sosial X, sebelumnya bernama Twitter, mengenai unggahan yang tersebut menyampaikan dalang pada balik bocornya sistem keamanan Pusat Angka Nasional Sementara (PDNS) yang berujung serangan ransomware oleh Brain Cipher. Unggahan yang mana diposting oleh akun @kafiradikalis di dalam X mengumumkan ada “orang dalam” yang dimaksud diduga berubah menjadi pendorong bisa jadi diretasnya PDNS.

“Kami mendapatkan data telak nan luar biasa bahwa kebocoran PDN diduga kuat berasal dari pemukim di sejak 11 Oktober 2022. Dialah saksi mahkota. Kok bisa?” begitu cuitan akun yang disebutkan yang dikutipkan Tempo, Jumat, 5 Juli 2024. “Kok sanggup bocorin akses VPN dari PDN secara vulgar alias ringan dicari. Sengaja/reverse psychology/ditumbulain?”

Pemilik akun itu menduga khalayak pada itu mengunggah sederet kode PDN melalui Scribd sehingga dapat diambil siapapun secara gratis. Dokumen yang dimaksud diunggah ke internet sejak 2022 itu berisikan kode VPN PDNS. Padahal, apabila kode itu diketahui hacker, itu akan mempermudahnya melakukan peretasan.

Ketika ditelusuri Tempo dalam laman Scribs, dokumen yang disebut mengunggah sederet kode PDNS itu sudah ada tak lagi tersedia. 

Merespons postingan yang dimaksud popular ini, Direktur Jenderal Aplikasi komputer lalu Informatika (Aptika), Kementerian Komunikasi serta informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, menegaskan bahwa informasi sedang diinvestigasi oleh regu siber pemerintah.

“Pastinya lagi (investigasi) semua, yang digunakan bekerja semua bekerja, BSSN bekerja, Cybercrime bekerja, semua lagi investigasi,” kata Semuel pada konferensi pers di dalam Kantor Kemenkominfo, DKI Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2024, yang dimaksud dipantau melalui YouTube Kominfo.

Semuel tidaklah menjelaskan investigasi yang digunakan sedang direalisasikan pemerintah. Dia mengundurkan dari jabatannya dikarenakan menafsirkan kebocoran PDNS itu akibat kelalaiannya selama bertugas. Dia tak bersedia menjelaskan perkembangan hasil investigasinya. Ya namanya investigasi, kok kamu tanya temuan,” ujar Semuel.

Artikel ini disadur dari Ada Dugaan Orang Dalam terkait Peretasan PDNS, Semuel Pangerapan: Semua Lagi Investigasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *