Teknologi

6 Tips Tidak Terkena Ransomware, Jangan Klik Link Sembarangan

18
×

6 Tips Tidak Terkena Ransomware, Jangan Klik Link Sembarangan

Share this article

Jakarta – Ransomware pada waktu ini sedang hangat dibicarakan setelahnya menyerang Pusat Fakta Nasional (PDN) Indonesia. Ransomware menjadi salah satu ancaman siber yang dimaksud paling berbahaya juga sanggup merugikan pengguna.

Jenis malware ini dapat mengunci atau mengenkripsi data sesudah itu membuatnya bukan dapat diakses. 

Untuk itu, pengguna wajib mengetahui tips agar bukan terkena ancaman ransomware yang dimaksud meresahkan. Agar lebih banyak mengetahui tips-tipsnya, berikut ini informasinya untuk Anda.

Tips Tidak Terkena Ransomware

Untuk mencegah ancaman ransomware, pengguna dapat menerapkan tips-tips berikut.

1. Cadangkan Data

Tips pertama untuk mengelak ransomware adalah mencadangkan data. Cara ini merupakan cara terbaik untuk mengelak ancaman terkuncinya file. Pastikan Anda terus-menerus miliki salinan cadangan data dalam cloud atau hard drive eksternal.

Dengan cara ini, Anda dapat melindungi data serta bisa saja menginstal ulang file dari cadangan sewaktu terkena infeksi ransomware.

Meskipun tidaklah dapat menjaga dari ancaman ransomware secara keseluruhan, tapi dengan cara ini pengguna dapat menurunkan risikonya.

2. Amankan Cadangan Data

Selain melakukan pencadangan data, Anda juga harus melakukan konfirmasi bahwa cadangan data yang disebutkan tidaklah dapat diakses untuk diubah atau dihapus dari sistem tempat data berada.

Ransomware akan mencari cadangan data dan juga mengenkripsi atau menghapusnya sehingga tiada dapat dipulihkan pengguna. Untuk itu, gunakan sistem cadangan yang tersebut aman kemudian bukan mengizinkan akses dengan segera ke file cadangan.

3. Pastikan Peralatan Anda dilindungi

Tips selanjutnya adalah pastikan perangkat Anda dilindungi dengan perangkat lunak yang mana komprehensif.

Tak hanya saja itu, pastikan juga semua perangkat lunak Anda sudah pernah diperbarui. Ketika sudah ada ada pembaruan, silakan update lebih besar awal akibat perbaikan untuk kelemahan biasanya disertakan pada setiap pembaruan.

4. Jangan Klik Link Sembarangan

Saat sedang asyik berselancar dalam internet, pastikan Anda setiap saat mengklik link yang aman. Jangan mengklik link yang tersebut mencurigakan lantaran hal yang dimaksud mampu bermetamorfosis menjadi pintu infeksi ransomware.

Selain itu, sebaiknya jangan membalas email lalu arahan teks dari pendatang yang bukan Anda kenal.

Dalam mengunduh file di dalam browser Anda juga harus berhati-hati. Pastikan mengunduh dari sumber yang terpercaya. 

Hal-hal dalam melawan penting untuk direalisasikan dikarenakan pembuat malware seringkali menggunakan rekayasa sosial untuk mencoba menciptakan pengguna menginstal file berbahaya.

5. Gunakan Jaringan yang Aman

Tips selanjutnya yang mana penting untuk diperhatikan adalah pastikan Anda menggunakan jaringan yang mana aman.

Hindari menggunakan WiFi umum dikarenakan banyak ke antaranya yang mana tak aman. Penjahat bumi maya dapat mengintip akses-akses internet Anda dari pemanfaatan WiFi.

Sebagai gantinya, Anda mampu memperitmbangkan untuk memasang VPN yang memberi kemudian memverifikasi koneksi aman ke internet dalam manapun dan juga ke manapun Anda pergi.

6. Update Informasi

Satu lagi tips agar tidak ada terkena ancaman ransomware adalah tetap mengikuti perkembangan informasi terbaru sehingga Anda tahu apa yang digunakan harus dilaksanakan untuk menghindari terkena infeksi ransomware.

Tetap pantau informasi-informasi terbaru tentang hal yang dimaksud sehingga Anda dapat terus-menerus waspada juga tetap berhati-hati.

AULIA ULVA

Artikel ini disadur dari 6 Tips Tidak Terkena Ransomware, Jangan Klik Link Sembarangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *