Lifestyle

Sumsel akan Pecahkan Rekor Muri ‘Ngopi Serentak di Pinggir Sungai Musi’

16
×

Sumsel akan Pecahkan Rekor Muri ‘Ngopi Serentak di Pinggir Sungai Musi’

Share this article

Palembang –  otoritas provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel berencana memecahk rekor MURI “Ngopi Serentak ke Pinggir Sungai Musi’ dengan partisipan terbanyak, sekitar 27 ribu masyarakat. Hal yang disebutkan diungkapkan oleh Kepala Dinas Peluang Usaha Pariwisata juga Kebudayaan, Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal usai melakukan rapat koordinasi bersatu jajaran pemerintahan setempat. 

“Karena Sumsel merupakan salah satu area penghasil kopi terbesar pada Indonesia, maka kita akan melakukan kegiatan pemecahan Rekor Muri yang dimaksud akan disertai oleh 17 Kabupaten/Kota secara serentak,” kata Aufa Syahrizal terhadap Tempo pada Hari Jumat malam, 5 Juli 2024.

Aufa juga mengatakan, kegiatan minum kopi serentak dengan kontestan terbanyak ini akan direalisasikan pada pinggir sungai yang mana berada di dalam tempat masing-masing. Diketahui, Sumsel miliki julukan Batanghari Sembilan yang tersebut diambil dari sembilan aliran anak Sungai Musi yang dimaksud tersebar di seluruh wilayah Sumsel, yaitu Sungai Kelingi, Sungai Beliti, Sungai Lakitan, Sungai Rawas, Sungai Rupit, Sungai Batang Leko, Sungai Ogan, Sungai Komering juga Sungai Lematang.

“Pelaksanaannya dilaksanakan dipinggiran sungai dari tiap-tiap Kabupaten/kota di dalam Sumsel sendiri,” kata Aufa.

Aufa mengatakan, kegiatan ini akan berpusat di dalam Kawasan Benteng Kuto Besak atau BKB, Pusat Kota Palembang. Sedangkan untuk pelaksanaannya, kata Aufa, akan dilaksanakan satu minggu mendatang atau pada Sabtu, 13 Juli 2024. “Wilayah Palembang sendiri akan disertai 10 ribu peserta,” katanya.

Kegiatan pemecahan Rekor Muri ini diinisiasi oleh Pemprov Sumsel serta Kamar Dagang serta Industri Indonesi atau KADIN Sumsel, pasca peluncuran Kopi Sumsel ke kawasan Lambidaro, Perkotaan Palembang untuk melestarikan kopi Sumsel.

“KADIN Sumsel bekerjasama dengan beberapa stake holders, salah satunya Dinas Kebudayaan kemudian Pariwisata, agar membuatkan kegiatan yang dimaksud lebih besar konkrit lagi, agar Kopi Sumsel Semakin terkenal,” kata dia.

Sementara itu, PLH Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Edward Candra menjelaskan bahwa kegiatan ini memang benar merupakan upaya untuk memasarkan Kopi Sumsel dengan menghadirkan momen unik di dalam pinggir Sungai Musi. 

“Kami optimis bahwa acara ini bukan belaka memecahkan rekor MURI pertama kalinya pada Tanah Air dengan total partisipan terbanyak, tetapi juga berubah menjadi turnamen untuk memperkenalkan kopi Sumsel secara lebih lanjut luas,” katanya.

Kedai Kopi Nua Rasa ke Berlin Jerman buat Mereka yang tersebut Kangen Kopi Indonesia

Artikel ini disadur dari Sumsel akan Pecahkan Rekor Muri ‘Ngopi Serentak di Pinggir Sungai Musi’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *