Teknologi

Website Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa Komersial Pertama Cina Siap Beroperasi

16
×

Website Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa Komersial Pertama Cina Siap Beroperasi

Share this article

Jakarta – Situs peluncuran pesawat ruang angkasa komersial pertama Cina siap beroperasi di dalam Provinsi Hainan, Cina selatan, Ahad, 30 Juni 2024, setelahnya menyelesaikan latihan simulasi peluncuran roket menggunakan dua landasan peluncurannya. Kabar ini dirilis kantor berita Cina, Xinhua.

Menurut Hainan International Commercial Aerospace Launch Co., Ltd. (HICAL), yang digunakan merancang kemudian mengoperasikan area peluncuran, latihan diwujudkan menggunakan landasan peluncuran, di antaranya penyemprotan air kemudian pendinginan sistem, juga uji pemasangan lengan pengangkat roket.

Setelah penilaian, HICAL mengonfirmasi bahwa platform yang dimaksud dapat beroperasi untuk misi peluncuran.

HICAL didirikan oleh pemerintah provinsi Hainan, China Aerospace Science and Technology Corporation, China Aerospace Science and Industry Corporation, serta China Satellite Network Group Co., Ltd., Juni 2022.

Situs peluncuran ini mempunyai perkiraan pembangunan ekonomi sebesar 4 miliar yuan (sekitar 560 jt dolar AS) lalu terletak di dalam lepas pantai Pusat Kota Wenchang. Laman peluncuran ini diposisikan pada garis lintang 20 derajat utara, sehingga mendapatkan keuntungan dari garis lintang rendah, yang meningkatkan kapasitas muatan roket kemudian mengempiskan biaya peluncuran.

Dibandingkan dengan area peluncuran ke darat, kedudukan peluncuran dalam pantai dinilai lebih besar santai lalu aman oleh sebab itu roket besar dapat diangkut ke lokasi dengan kapal, yang mana sangat penting untuk layanan peluncuran komersial. Pelabuhan baru khusus sedang direncanakan pembangunannya oleh pemerintah provinsi Hainan.

Lokasi pesisir juga memberi HICAL keuntungan pada pemulihan roket yang mana dapat digunakan kembali setelahnya peluncuran. Korporasi ini bekerja mirip dengan pengembang roket komersial untuk melakukan eksperimen terkait pendaratan vertikal juga pengambilan roket dari laut.

Lokasi peluncuran yang disebutkan dirancang dengan dua landasan peluncuran untuk roket berbahan bakar cair lalu dua lainnya untuk roket berbahan bakar padat, dengan landasan peluncuran No. 1 lalu No. 2 per individu selesai pada Desember 2023 dan juga Juni 2024.

Landasan No.1 dirancang untuk Long March-8, roket pembawa medium-lift generasi baru Cina. Landasan No. 2 mampu meluncurkan berubah-ubah jenis roket dengan berubah-ubah diameter dari perusahaan roket komersial. Setiap landasan miliki kapasitas tahunan sejumlah 16 peluncuran.

Sistem pasokan propelan dan juga gas pada area peluncuran mampu mengisi unsur bakar dan juga memasok oksigen cair, hidrogen cair, minyak tanah, lalu metana.

Menurut Xinhua, bidang luar angkasa komersial dimasukkan pada laporan kerja pemerintah Cina untuk pertama kalinya pada tahun ini. Industri ini terdaftar sebagai salah satu “industri mengalami perkembangan serta bidang berorientasi masa depan” yang dimaksud rencananya akan dikembangkan oleh pemerintah.

Menurut buku biru sains lalu teknologi kedirgantaraan Cina tahun 2023, negara ini sudah pernah menyelesaikan 26 peluncuran komersial pada tahun 2023, atau mencakup 39 persen dari total jumlah agregat peluncurannya.

Pasar ruang angkasa komersial Tiongkok sudah pernah mempertahankan peningkatan pesat sejak 2015, dengan tingkat peningkatan tahunan rata-rata lebih lanjut dari 20 persen dari tahun 2017 hingga 2024. Diperkirakan nilai pasarnya akan mencapai sekitar 2,34 triliun yuan pada 2024. 

Artikel ini disadur dari Situs Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa Komersial Pertama Cina Siap Beroperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *