Lifestyle

Jaga Bidang Kesehatan Mata ketika Cuaca Panas dengan Cara Berikut

19
×

Jaga Bidang Kesehatan Mata ketika Cuaca Panas dengan Cara Berikut

Share this article

Jakarta – Kita mungkin saja tidaklah sadar, seperti anggota tubuh lainnya, mata dapat sangat terpengaruh cuaca. Pakar mengungkapkan cuaca panas bisa jadi meningkatkan risiko kerusakan jangka panjang, termasuk infeksi juga kehilangan penglihatan.

“Musim panas, penting untuk menjaga kesegaran mata untuk mengelakkan dampaknya pada penglihatan serta risiko lebih tinggi lanjut keadaan seperti infeksi atau sakit mata,” jelas Donald Grant, dokter mata pada The Independent Pharmacy ke Inggris, untuk Express.

“Di bulan-bulan yang digunakan panas, sinar UV matahari berisiko pada penglihatan yang digunakan dapat mengakibatkan katarak sedangkan debu dapat menyebabkan iritasi,” tambahnya. Ia pun membagi saran berikut untuk melindungi mata pada waktu cuaca panas.

Kacamata hitam
Grant menyarankan memakai kacamata hitam dengan lensa yang berpelindung dari sinar UV. Model serta penampilan kacamata memang benar penting, namun lebih besar penting lagi kacamata hitam memiliki pelindung dari sinar UV.

Berenang
Grant menyarankan menggunakan kacamata renang juga membilasnya pasca berenang. “Banyak warga yang beraktivitas di luar ruangan ketika cuaca panas, diantaranya berenang. Tapi penting untuk memperhatikan bagaimana aktivitas ini mampu mempengaruhi mata,” tutur Grant.

Alergi
Ia juga mengajukan permohonan kita lebih lanjut waspada bila miliki alergi seperti terhadap serbuk sari. “Reaksi alergi dari partikel di udara seperti serbuk sari sanggup memproduksi mata gatal juga meradang sehingga menekan sinus. Simptom umumnya adalah bersin, hidung tersumbat, lalu mata berair,” kata Grant.

Ia menyarankan pemanfaatan obat tetes untuk mengatasi mata gatal, berair, serta bengkak.

Artikel ini disadur dari Jaga Kesehatan Mata saat Cuaca Panas dengan Cara Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *