Teknologi

Prakiraan Cuaca BMKG: Bibit Siklon 98W Picu Hujan Sedang serta Lebat di Beberapa Wilayah, Waspada Banjir Rob pada Jateng

25
×

Prakiraan Cuaca BMKG: Bibit Siklon 98W Picu Hujan Sedang serta Lebat di Beberapa Wilayah, Waspada Banjir Rob pada Jateng

Share this article

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi lalu Geofisika (BMKG) memantau bibit siklon tropis 98W dalam Laut Filipina, tepatnya berada pada sekitar 7.2°LU 128.2°BT dengan kecepatan angin maksimum 20 knots (37 km/jam) dan juga tekanan udara minimum 1009.0 hPa melakukan aksi ke arah barat laut memasuki wilayah kepulauan bagian timur Filipina.

“Dalam 24 jam kedepan (Kamis), bibit siklon tropis 98W miliki peluang rendah untuk bermetamorfosis menjadi siklon tropis, sementara pada 48-72 jam kedepan bibit siklon tropis mempunyai prospek rendah untuk menjadi siklon tropis,” ujar BMKG pada prakiraan cuacanya untuk Kamis, 27 Juni 2024.

Dampak bibit siklon 98W terhadap keadaan cuaca adalah hujan sedang hingga lebat pada Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Tengah bagian utara. Sementara angin kencang terbentuk dalam Sulawesi Utara serta Maluku Utara.

Dampak lain adalah gelombang lebih tinggi 1.25-2.5m dalam perairan Kepulauan Sitaro, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Maluku bagian utara, lalu Samudra Pasifik utara Halmahera

Sumatera secara umum cerah berawan, namun Bangka-Belitung, Sumatera Utara, Aceh memiliki kemungkinan hujan sedang. Jawa secara umum berawan, namun Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat memiliki kemungkinan hujan sedang. Bali, NTB, NTT secara umum cerah berawan.

Kalimantan secara umum cerah berawan, namun Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang. Sulawesi secara umum cerah berawan, namun Sulawesi Utara berisiko hujan sedang.

Maluku dan juga Papua secara umum hujan ringan, namun Maluku mungkin hujan sedang. Papua, Papua Barat, Maluku Utara berpotensi hujan lebat.

Prediksi angin permukaan pada wilayah Negara Indonesia umumnya didominasi dari arah timur juga juga tenggara dengan kecepatan berkisar 10-40 km/h. Pembaruan Kecepatan angin hingga mencapai tambahan dari 25 knot juga terpantau di dalam Laut Banda lalu juga Laut Arafuru, yang tersebut mampu meningkatkan tinggi gelombang laut dalam wilayah sekitar perairan tersebut.

Suhu udara umumnya berkisar 20-35 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar 40-100 persen.

Tinggi gelombang laut wilayah Nusantara secara umum berkisar antara 0,5-2,5 meter. Waspada juga prospek banjir rob adalah esok hari yang mana memiliki kemungkinan terbentuk pada pesisir Jawa Tengah.

Artikel ini disadur dari Prakiraan Cuaca BMKG: Bibit Siklon 98W Picu Hujan Sedang dan Lebat di Beberapa Wilayah, Waspada Banjir Rob di Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *