Teknologi

BMKG Ramalan Cuaca Ibukota Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Udara Bebas Tidak Optimal

63
×

BMKG Ramalan Cuaca Ibukota Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Udara Bebas Tidak Optimal

Share this article

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan juga Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah administrasi Ibukota Indonesia termasuk Kepulauan Seribu berawan pada Kamis siang lalu malam, 27 Juni 2024.

Pada Kamis pagi, DKI Jakarta Barat diprediksi berawan sementara wilayah Ibukota Indonesia lainnya berawan tebal, demikian diambil Antara dari BMKG. Pada siang hari seluruh kawasan Ibukota Indonesia berawan seperti Ibukota Indonesia Pusat, Ibukota Indonesia Timur, Ibukota Indonesia Utara, kemudian Kepulauan Seribu, Ibukota Selatan lalu Ibukota Barat.

Kondisi ini berlanjut hingga di malam hari harinya, seluruh wilayah Ibukota diprediksi berawan dan juga kemungkinan bertahan hingga dini hari, kecuali Kepulauan Seribu, Ibukota Indonesia Utara serta DKI Jakarta Pusat yang dimaksud kemungkinan cerah berawan.

Suhu rata-rata hari ini pada Ibukota Indonesia berkisar 23-32 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar 70-100 persen.

Sebelumnya, BMKG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Ibukota lalu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memodifikasi cuaca Jakarta. Kepala Pelaksana BPBD DKI DKI Jakarta Isnawa Adji mengutarakan sesuai arahan Pj Gubernur, kelompok melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di dalam Jakarta, seiring dengan keadaan udara di dalam DKI Ibukota yang mana sedang memperparah beberapa hari ini.

Sementara berdasarkan data laman pemantau kualitas udara Perusahaan pada pukul 00.43 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di dalam DKI Jakarta berada dalam urutan pertama dengan nomor 158 atau masuk di kategori tak sehat.

Kondisi ini menempatkan Daerah Perkotaan DKI Jakarta sebagai kota kedua bumi yang dimaksud mempunyai udara yang tersebut buruk pasca Kinshasha Kongo dengan nilai 204 atau sangat tidaklah sehat.

Artikel ini disadur dari BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Udara Tidak Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *