Berita

AC pada rumah bukan dingin? Ini adalah pemicu dan juga ongkos perbaikannya

28
×

AC pada rumah bukan dingin? Ini adalah pemicu dan juga ongkos perbaikannya

Share this article
AC pada rumah tidak dingin? Hal ini adalah pemicu lalu juga ongkos perbaikannya

Ibukota Indonesia – Servis AC rumah berubah menjadi salah satu hal penting yang mana tidak ada boleh dilewatkan. Selain menjaga fungsi optimalnya, servis AC diperlukan dikerjakan untuk menjaga usia pemakaian yang digunakan lebih lanjut panjang kemudian mempertahankan perangkat yang dimaksud bukan boros listrik.

Setiap jasa pelayanan perbaikan AC akan berbeda, tergantung dengan besarnya PK serta tempat jasa pelayanan tersebut. Kendala utama yang menyebabkan AC ke rumah bukan dingin yang umum berlangsung adalah freon.

Berikut nilai tukar estimasi perbaikan AC rumah yang digunakan tak dingin sebagaimana dilansir dari berubah-ubah sumber:

1. Cucu lalu tambah freon AC

Jenis pekerjaan meliputi pembersihan atau cuci AC dengan penambahan freon AC. Harga servis tambah freon AC adalah Rp225 ribu untuk type freon lama R22 dengan ukuran 1/2 – 1pk.

Untuk type freon terbaru adalah R32/R410A, nilai paket tambah freon R32 serta R410A ditetapkan sebesar Rp325 ribu untuk ukuran 1/2 – 1pk. Namun, setiap wilayah maupun kota mungkin saja berbeda harga.

2. Harga servis isi freon AC

Jenis pekerjaan meliputi pembersihan atau cuci AC dengan pengisian freon AC. Harga servis serta isi freon AC adalah Rupiah 325 ribu untuk type freon lama R22 dengan ukuran 1/2 – 1pk.

Untuk pengisian freon AC type freon terbaru R32 dan juga R410A diwajibkan melakukan vacuum instalasi terlebih dahulu. Setiap wilayah maupun kota akan ada perbedaan harga.

Penyebab AC tiada dingin

1. Terjalin kerusakan atau freon habis

Freon dibutuhkan untuk memberikan suhu udara yang digunakan sejuk. Jadi saat Anda merasa AC tiada dingin, Anda mampu meninjau dengan segera bagian freon dan memeriksa apakah sudah pernah habis atau terbentuk kebocoran.

2. Kondensor rusak
Salah satu pendorong fungsi AC bukan berjalan maksimal adalah adanya kerusakan pada bagian kondensor. Kondensor merupakan bagian pada alat pendingin ruangan membuang suhu panas hasil kerja kompresor. Kondensor harus dibersihkan secara berkala agar kebersihannya terjaga.

3. Besaran PK yang digunakan tidaklah sesuai dengan luas ruangan
Ukuran PK juga sangat berpengaruh pada menyebabkan suhu udara yang mana diberikan AC berubah jadi lebih lanjut sejuk dalam ruangan.  Besaran PK yang dimaksud tiada sesuai menyebabkan suhu udara di dalam ruangan bermetamorfosis menjadi tak maksimal.

Artinya, ukuran PK yang tersebut kecil namun ruangan terlalu luas memproduksi AC tidak ada kuat untuk memberikan suhu udara yang digunakan dingin.

4. Salah pengaturan remote
Beberapa pengguna AC terkadang kurang mengerti pengaturab suhu melalui remote AC. Untuk mendapatkan udara dingin dan juga sejuk, pengaturan remote AC dapat diaktifkan ke mode cool atau tanda bintang yang mana menyerupai bentuk es.

Hindari mode dry, lantaran mode ini hanya sekali akan cocok ketika udara pada di ruangan terasa lembab atau di pada waktu cuaca sedang dingin dikarenakan hujan. Selain itu pastikan kipas AC bekerja pada Fan 2 dan juga atur suhu pada rentang 20 – 22 derajat untuk mendapatkan dingin yang optimal.

5. Pintu atau jendela terbuka
Pintu atau jendela yang mana terbuka pada waktu AC menyala dapat mempengaruhi suhu lalu menghambat tahapan pendinginan ruangan karena udara hangat dari luar masuk ke di ruangan. 

6. Filter AC telah kotor
Hal lain yang dimaksud dapat menyebabkan AC tiada dingin adalah filter AC yang mana sudah ada kotor lantaran penumpukan kotoran atau debu. Anda dapat mencuci sendiri filter AC yang telah kotor atau menggunakan jasa cuci AC yang digunakan sejumlah tersedia.

Artikel ini disadur dari AC di rumah tidak dingin? Ini penyebab dan ongkos perbaikannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *