Entertainment

Hujan tak halangi penonton menikmati RWMF hari kedua

20
×

Hujan tak halangi penonton menikmati RWMF hari kedua

Share this article
Hujan tak halangi penonton menikmati RWMF hari kedua

Kuching, Sarawak – Hujan yang mengguyur kawasan Sarawak Cultural Village (SCV) pada Kuching, Sarawak, Malaysia, sejak Hari Sabtu (29/6) sore tidak ada menghalangi ribuan penonton menikmati hari kedua Rainforest World Music Festival (RWMF) 2024.

Penyelenggara pun menunda penampilan pertama artis yang dijadwalkan pukul 18.30 waktu setempat ditunda dua jam berubah jadi pukul 20.30 waktu setempat.

Pertunjukan hari kedua didominasi penampilan artis selama Malaya seperti Mohram, The Colour of Sound's Malaysia, Alena Murang, Tuni Sundatang dan juga puncaknya Dato' Zainalabidin. Sementara dari luar Tanah Melayu ada Imarman (Aljazair) juga Nini (Taiwan). 

Hujan yang digunakan mengguyur kawasan SCV reda sekitar pukul 20.00 waktu setempat kemudian menyisakan rintik. Penonton yang setia menanti sambil menggunakan jas hujan kemudian payung, perlahan terus memenuhi lapangan di depan panggung utama RWMF 2024.

Sementara pada sore hari, musisi jika Nusantara Rizal Hadi and Folks tampil di arena Dewan Lagenda. Ia menampilkan alat musik yang digunakan terbuat dari bambu. Rizal Hadi menyebutnya Rasendriya, gabungan dari alat musik petik, tiup lalu pukul.

"Ini kreasi saya sendiri, sekaligus mengenalkan bahwa bambu juga sanggup dimanfaatkan untuk komponen baku alat musik, juga menurunkan penebangan hutan untuk menghasilkan alat musik," kata Rizal Hadi.

Sebelum Rizal Hadi, sesuai jadwal hadir pula Krakatau Ethno yang tampil di workshop musik yang dimaksud disertai puluhan penonton. Krakatau pernah tampil ke RWMF 20 tahun silam.

ketua eksekutif Sarawak Tourism Board Sharzede Datu Hj Salleh Askor mengatakan, RWMF akan terus-menerus menjadi tempat untuk menyuarakan kalangan adat juga musik tradisional ke seluruh dunia.

Ia menambahkan, tema RWMF tahun ini adalah Evolution, sebagai tanda bahwa RWMF akan bertransformasi ke sistem yang digunakan dinamis namun tetap mengadvokasi wisata yang berkelanjutan juga konservasi. "Sebagai persiapan 25 tahun ke depan festival ini," ujar dia.

Artikel ini disadur dari Hujan tak halangi penonton menikmati RWMF hari kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *