Olahraga

Zhang Zhi Jie Meninggal setelahnya Kolaps ke Arena Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024, Begini Kronologinya

12
×

Zhang Zhi Jie Meninggal setelahnya Kolaps ke Arena Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024, Begini Kronologinya

Share this article

Jakarta –  Kabar duka datang dari penyelenggaraan Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 yang tersebut berada dalam berlangsung pada Yogyakarta. Pemain bulu tangkis muda Cina, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia, Minggu, 30 Juni, pasca kolaps di dalam lapangan.

Zhang Zhi Jie diturunkan pada partai ketiga ketika grup beregu campuran Cina bersua Negeri Sakura di dalam GOR Among Raga, Yogyakarta pada sore harinya. Saat kedudukan imbang 11-11 pada gim pertama, Zhang Zhi Jie yang dimaksud sedang menghadapi Kazuma Kawano secara tiba-tiba kolaps. 

Ia tergeletak pada berada dalam lapangan pertandingan dan juga sempat kejang-kejang. Tim medis pun bergegas menghampiri untuk memberi pertolongan pertama sebelum akhirnya melarikan tunggal putra muda Cina itu ke rumah sakit dengan ambulans.

Sempat mendapat perawatan intensif ke rumah sakit, Zhang Zhi Jie akhirnya tak tertolong. Pemain berusia 17 tahun itu meninggal bumi pada pukul 23.20 WIB.

Pihak Badminton Asia, PBSI, juga pelopor Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 telah lama mengeluarkan pernyataan dengan terkait kabar meninggalnya Zhang Zhi Jie.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan dalam lapangan ketika pertandingan di malam hari hari setelah itu dilarikan ke rumah sakit dan juga meninggal globus pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin. 

Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup menghadapi Negeri Sakura ketika beliau pingsan lalu dirawat oleh dokter kejuaraan dan juga tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga di waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit.

Badminton Asia, PBSI lalu Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya terhadap pendatang tua Zhang, keluarga juga Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Bumi bulutangkis kehilangan pemain berbakat.”

Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 dijadwalkan berlangsung pada GOR Among Raga, Yogyakarta pada 28 Juni–2 Juli untuk kategori beregu campuran. Setelah itu, kompetisi akan dilanjutkan dengan perebutan peringkat kategori individu yang digunakan bergulir pada 3–7 Juli 2024.

Kabar kepergian Zhang Zhi Jie untuk selama-lamanya jelas jadi duka mendalam bagi seluruh insan bulu tangkis. Pebulu tangkis tunggal putri andalan India, Pusarla Sindhu, pun telah lama menyampaikan ungkapan dukanya berhadapan dengan kepergian Zhang Zhi Jie.

“Kabar yang dimaksud sungguh memilukan datang dari Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia terkait meninggalnya pemain muda bernama Zhang Zhi Jie,” tulis Pusarla Sindhu via X.

“Saya menyampaikan belasungkawa terdalam untuk keluarga Zhang di menjalani masa yang tersebut sedih ini. Bumi telah dilakukan kehilangan talenta luar biasa.”

SKOR.ID | PBSI

Artikel ini disadur dari Zhang Zhi Jie Meninggal setelah Kolaps di Arena Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024, Begini Kronologinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *