Olahraga

Hasil VNL 2024: Timnas Bola Voli Putra Prancis Juara, Kalahkan Jepun 3-1 di Babak Final

19
×

Hasil VNL 2024: Timnas Bola Voli Putra Prancis Juara, Kalahkan Jepun 3-1 di Babak Final

Share this article

Jakarta – Timnas Bola Voli Putra Prancis berhasil menjuarai Kejuaraan Bola Voli Antarnegara 2024 atau VNL 2024. Sedangkan Negeri Matahari Terbit meraih Perak lalu Polandia mendapatkan perunggu.

Dalam final ke Lodz, Polandia, Minggu, 30 Juni 2024, Prancis mengalahkan Negeri Matahari Terbit 3-1 (25-23, 18-25, 25-23, 25-23). Sedangkan Polandia mengalahkan Slovenia dengan skor 3-0 (26-24, 25-16, 25-17) di perebutan kedudukan ketiga.

Bagi Prancis, medali emas ini bermetamorfosis menjadi bekal berharga. Dalam beberapa pekan lagi, mereka akan menjadi tuan rumah Olimpiade Paris 2024.

Mereka kembali naik podium teratas ke VNL pasca pertama kali meraih emas pada 2022. Mereka juga meraih perak pada 2018 juga perunggu pada 2021. Mereka naik ke kedudukan keempat peringkat dunia.

Saat mengalahkan Jepang, pemain Prancis Jean Patry berubah menjadi motor kemenangan. Ia bermetamorfosis menjadi penyumbang nomor terbanyak, yakni 24 poin. Kevin Tillie memainkan peran besar dari bangku cadangan, mengoleksi 13 poin. Sedangkan Yacine Louati menambahkan 11 poin.

“Jepang setiap saat berubah menjadi lawan yang digunakan tangguh,” kata Patry. “Mereka sangat terampil, sangat sabar dan juga dia menggali segalanya. Kami berupaya bersabar pada waktu memainkannya, namun terus-menerus menjadi tantangan untuk terus fokus sepanjang waktu.” 

“Memenangi VNL merupakan hal yang tersebut sangat baik di persiapan kami untuk Olimpiade Paris, yang dimaksud merupakan tujuan utama kami musim ini. Target kami adalah mencapai semifinal, jadi tidak ada ada yang dimaksud lebih lanjut baik daripada meraih emas.” 

Di pihak Jepang, kapten Yuki Ishikawa kembali tampil gemilang, mengatur pasukan dengan perolehan 17 poin, dihadiri oleh Yuji Nishida yang mana mencatatkan 11 poin. Kento Miyaura juga memperoleh dua digit, masuk dari bangku cadangan lalu mencetak 10 poin.

Sementara itu, Polandia memberi hadiah medali perunggu buat lebih tinggi dari 10.000 penggemar yang mana memadati Atlas Arena. Mereka mengalahkan Slovenia 3-1. Keberhasilan ini menegaskan Polandia, yang merupakan juara bertahan, mempertahankan sikap teratas di peringkat dunia. Slovenia turun dari tempat ketiga ke urutan kelima.

Dengan berakhirnya VNL 2024, empat semifinalis serta delapan pasukan nasional pria lainnya yang lolos pada saat ini hanya saja miliki waktu kurang dari empat minggu untuk menyelesaikan persiapan menuju Olimpiade Paris 2024. Pertarungan pertamanya akan diadakan di South Paris Arena pada 27 Juli.

VOLLEYBALL WORLD

Artikel ini disadur dari Hasil VNL 2024: Timnas Bola Voli Putra Prancis Juara, Kalahkan Jepang 3-1 di Babak Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *