Olahraga

Timnas U-16 Negara Indonesia Melewati Babak Semifinal Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Juara Bukan Target Utama

22
×

Timnas U-16 Negara Indonesia Melewati Babak Semifinal Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Juara Bukan Target Utama

Share this article

TEMPO.CO, Solo – Timnas U-16 Tanah Air sudah pernah mengantongi tiket ke sesi semifinal pasca berhasil menaklukkan Laos dengan skor 6-1 pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN U-16 Boys Championship 2024 pada Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Kamis malam, 27 Juni 2024. Kepelatihan Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, mengaku belum berpikir calon lawan skuad muda Garuda dalam fase gugur.

Nova mengemukakan akan masih berfokus pada setiap pertandingan. Dia tetap meyakinkan bahwa berubah menjadi juara tidak menjadi target utamanya. “Dari awal saya telah bicara. Fokus kami sebenarnya tidak juara tujuan utamanya. Juara adalah target ke sekian, tetapi lebih banyak bagaimana pemain berprogres,” ujar Nova. 

Dia menyatakan bahwa kelompok ahli akan berfokus pada setiap pertandingan yang akan dihadapi oleh pasukan asuhannya itu. “Fokus kami belum terpikir. Sebelum menghadapi Laos belum terpikir ke lawan selanjutnya. Saya katakan ke pemain, kami akan fokus setiap match-nya. Kami lihat nanti yang mana akan kami hadapi ke semi final, entah Australia, Vietnam, Thailand, akan kami lihat lagi apa yang digunakan akan kami persiapkan dari siapa pun lawan kami di dalam semi final nanti,” ujar Nova.

Secara taktikal, Nova bersyukur para pemain Timnas U-16 Nusantara bisa jadi cepat beradaptasi dengan mengeksekusi setiap rencana permainan. Menurut dia, pemain cukup adaptif di menerapkan setiap strateginya. “Saya bersyukur pemain sanggup menjalankannya dengan baik, itu saya lihat berubah menjadi progres pemain di kami pada waktu latihan, awal mulai pemusatan latihan, jadi pemain mampu progres secara taktikal. Untuk fisik juga saya apresiasi pemain sehingga merekan mampu tampil maksimal,” tutur dia. 

Di sisi lain, Nova mengaku belum melakukan komunikasi dengan Shin Tae-yong maupun Indra Sjafri masalah pemain Timnas U-16 Indonesia yang digunakan dinilai berisiko pemasaran ke tingkat tambahan tinggi seperti U-19, U-23, atau senior. Dia mengungkapkan tak ingin terburu-buru meningkatkan level anak-anak asuhannya itu. “Saya rasa belum ya (komunikasi dengan Shin Tae-yong juga Indra Sjafri). Karena, saya masih fokus dengan ini. Saya juga lihat jalan mereka itu juga masih panjang. Saya tak ingin terburu-buru,” kata dia.

Nova berharap para pemain Timnas U-16 Tanah Air itu mendapatkan banyak pengalaman terlebih dulu dari berubah-ubah pertandingan dalam event AFF, termasuk AFC. “Harapannya saat nanti ke timnas selanjutnya dapat lebih tinggi siap secara mental kemudian fisik,” ucap dia. 

Pesepak bola Timnas Indonesi Tristan Raissa Ibrahim (kedua kiri) berselebrasi sama-sama rekan-rekannya usai berhasil mencetak gol ke gawang Laos pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 dalam Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis, 27 Juni 2024. Timnas Nusantara menang melawan Laos dengan skor 6-1. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Artikel ini disadur dari Timnas U-16 Indonesia Lolos Babak Semifinal Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Juara Bukan Target Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *