Olahraga

Nova Arianto Tidak Mau Buru-buru Promosi Pemain Timnas U-16 ke Level U-19, U-23, kemudian Senior

23
×

Nova Arianto Tidak Mau Buru-buru Promosi Pemain Timnas U-16 ke Level U-19, U-23, kemudian Senior

Share this article

JakartaPelatih Timnas U-16 Negara Indonesia Nova Arianto mengaku belum berbicara dengan Shin Tae-yong dan juga Indra Sjafri untuk mengeksplorasi kemungkinan beberapa pemainnya iklan ke regu nasional level U-19, U-23, atau level senior. Ia bukan mau terburu-buru lantaran ingin membiarkan anak asuhnya mengenyam pengalaman yang tambahan berbagai terlebih dahulu.

“Mengenai komunikasi dengan coach Shin maupun coach Indra, kami belum melakukannya. Saya bilang jalan merekan (pemain) sebenarnya masih panjang juga kami tidaklah mau terburu-buru untuk (mereka) tampil dalam U-19 atau U-23 atau senior,” ujar beliau pada sesi jumpa pers usai pertandingan berhadapan dengan Laos pada Stadion Manahan, Solo, Kamis, 27 Juni 2024.

Timnas U-16 Nusantara tampil gemilang sepanjang fase grup Piala AFF U-16 2024. Garuda Muda dipastikan lolos ke semifinal sebagai juara grup A dengan koleksi sembilan poin hasil tiga kemenangan dari tiga pertandingan terakhir.

Sejumlah pemain tampil menonjol bersatu Tim Merah Putih. Penyerang Mierza Firjatullah, misalnya, yang digunakan telah mengoleksi empat gol lalu menjadi top skor sementara Piala AFF U-16 2024. Ada juga Fabio Azka Irawan yang mana mempunyai kemampuan lemparan sangat mematikan seperti Pratama Arhan. Belum lagi pemain masyarakat migran Matthew Baker yang tersebut bisa jadi bermain pada tiga posisi, bek tengah, fullback atau wingback kiri, lalu gelandang bertahan dengan mirip baiknya.

Kendati demikian, untuk ketika ini, Nova belum mau melepas pemain-pemainnya ke tim yang tersebut tambahan senior. Ia ingin mematangkan lagi kemampuan anak asuhnya, baik dari segi mental maupun dari segi fisik. Pelatih kepala berusia 44 tahun itu berharap para pemain dapat mengakomodasi ilmu juga pengalaman selama berkiprah di dalam Piala AFF U-16 2024.

“Harapannya, mereka itu dapat setiap saat mengambil pengalaman selama tampil pada AFF ini, salah satunya di kualifikasi AFC agar ke depannya merek lebih tinggi matang juga nanti di ketika merekan naik level di dalam U-19, U-20, kemudian U-23, merekan sudah ada siap secara fisik, secara mental, maupun secara teknik,” tutur dia.

Setelah acara Piala AFF U-16 2024, pasukan asuhan Nova Arianto akan berlaga pada kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 19-27 Oktober 2024 mendatang. Timnas U-16 Negara Indonesia tergabung pada grup G sama-sama Australia, Kuwait, serta Kepulauan Mariana Utara.

Artikel ini disadur dari Nova Arianto Tidak Mau Buru-buru Promosi Pemain Timnas U-16 ke Level U-19, U-23, dan Senior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *