Lifestyle

Pakar Ungkap Jenis Sushi yang tersebut Berisiko Sebabkan Keracunan Makanan

23
×

Pakar Ungkap Jenis Sushi yang tersebut Berisiko Sebabkan Keracunan Makanan

Share this article

Jakarta – Perhatian buat penggemar sushi. Anda diperlukan berhati-hati ketika menyantap makanan khas Negeri Matahari Terbit yang digunakan enak ini untuk menyavoid risiko keracunan makanan.

Beberapa pakar pun membagikan pendapatnya jenis ikan mana yang dimaksud bisa jadi menyebabkan keracunan makanan, teristimewa yang mana disantap pada keadaan mentah. Jenis apa pula yang digunakan diklaim aman untuk dimakan kemudian berikut penjelasannya.

Menurut Sam Martin, direktur senior lalu pakar keamananan makanan ke Microbac Laboratories, jumlah total bakteri berbahaya pada ikan mentah tergantung bagaimana ikan dipelihara dan juga disimpan, tidak jenis apa yang tersebut dimakan. 

“Bakteri paling umum pada ikan mentah adalah Listeria monocytogenes, Vibrio, kemudian Salmonella,” katanya terhadap HuffPost. “Paparan bakteri biasanya tergantung jenis air tempat ikan hidup kemudian tahapan pengolahan serta penyimpanan pasca ditangkap.”

Hindari salmon mentah
Anda kemungkinan besar mampu bertanya bagaimana tahapan ikan hidup, ditangkap, sampai diolah berubah menjadi sushi untuk pihak restoran tapi yakinlah mereka itu pasti enggan menjawabnya. Karena itulah Martin menyarankan untuk mengelakkan salmon mentah.

Salmon berisiko membesar mengandung parasit melebihi jenis ikan lain. Apalagi belakangan ada isu penemuan cacing pita pada ikan salmon. Risiko paling besar tentu sekadar dengan memakannya di keadaan mentah atau tanpa dimasak, seperti pada sushi. Salmon mentah juga disebut mengandung lebih banyak sejumlah bakteri umum berbahaya seperti salmonella, Vibrio vulnificus, dan juga E. coli. 

Belut juga disebut mengandung lebih banyak berbagai parasit dibandingkan dengan jenis ikan lain. Namun sebab belut air tawar mentah beracun untuk manusia makan ikan ini (unagi) disajikan di keadaan matang di restoran sushi. Cara ini pastinya menghurangi risiko keracunan makanan akibat suhu panas membunuh bakteri.

Ikan tuna juga dikatakan berisiko menyebabkan keracunan bila dimakan mentah. Namun komposisi parasitnya disebut tambahan sedikit jika dibandingkan ikan salmon.

Artikel ini disadur dari Pakar Ungkap Jenis Sushi yang Berisiko Sebabkan Keracunan Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *