Lifestyle

5 Alternatif Susu Non Dairy Bagi Penderita Alergi Susu, Coba Susu Kedelai

24
×

5 Alternatif Susu Non Dairy Bagi Penderita Alergi Susu, Coba Susu Kedelai

Share this article

Jakarta – Susu merupakan salah satu komponen makanan pokok bagi sejumlah keluarga. Namun ada pula yang digunakan menghindarinya sebab alergi susu atau permasalahan kesehatan lainnya. Beberapa anak tidaklah menyukai rasanya. Keluarga-keluarga ini dapat memilih dari semakin berbagai alternatif susu sapi yang saat ini memenuhi bidang item susu.

Pilihannya berkisar dari minuman hewani lainnya (seperti susu kambing) hingga hasil yang terbuat dari kacang-kacangan (seperti susu almond), kacang-kacangan (seperti susu kedelai), biji-bijian (seperti oat), kemudian tumbuhan lainnya.

Dilansir dari bbcgoodfood.com, susu sapi secara alami mengandung nutrisi antara lain kalsium, vitamin D, vitamin A, B2 (riboflavin), B12, dan juga mineral seperti magnesium, seng, kalium, kemudian fosfor. Susu sapi lebih tinggi protein kemudian mengandung lebih banyak berbagai protein dibandingkan kebanyakan susu nabati. Meskipun mengandung sumber lemak jenuh, yang digunakan kurang menyehatkan jantung dibandingkan lemak tak jenuh, Anda dapat memilih susu skim, susu tanpa lemak, atau susu non-dairy sebagai alternatif.

Variasi Susu Alternatif 

Susu oat

Dilansir dari bdm.edu, susu oat dibuat dari campuran oat kemudian air, rutin kali dengan penambahan unsur tambahan seperti pengental, minyak, lalu garam untuk mencapai tekstur lalu rasa yang dimaksud diinginkan.

Rasanya alami manis lalu mempunyai tekstur ringan. Dapat digunakan pada masakan dengan cara yang mana sebanding seperti susu sapi, lalu cocok untuk dicampur dengan sereal atau smoothie. Satu cangkir (240 ml) mengandung sekitar 140–170 kalori, 4,5–5 gram lemak, 2,5–5 gram protein, kemudian 19–29 gram karbohidrat (27, 28).

Susu oat memiliki jumlah keseluruhan kalori yang dimaksud mirip dengan susu sapi, namun memiliki hingga dua kali lipat jumlah keseluruhan karbohidrat lalu sekitar setengah jumlah agregat protein dan juga lemak.

Susu kedelai

Susu kedelai dibuat dari kedelai atau isolat protein kedelai, kerap kali dengan tambahan pengental lalu minyak nabati untuk meningkatkan rasa lalu konsistensi. Umumnya miliki rasa lembut lalu halus, meskipun mampu bervariasi antar merek.

Susu kedelai dapat digunakan sebagai perwakilan susu sapi pada hidangan gurih, dicampur dengan kopi, atau digunakan dengan sereal. Satu cangkir (240 ml) susu kedelai tanpa pemanis mengandung sekitar 80–90 kalori, 4–4,5 gram lemak, 7–9 gram protein, dan juga 4 gram karbohidrat (8, 9). Secara nutrisi, susu kedelai hampir setara dengan susu sapi pada hal jumlah total protein, tetapi memiliki setengah jumlah keseluruhan kalori, lemak, dan juga karbohidrat.

Susu almond

Dilansir dari healthline.com, susu almond dibuat dari almond utuh atau mentega almond yang dicampur dengan air. Susu ini mempunyai tekstur ringan serta rasanya sedikit manis lalu kacang. Cocok untuk ditambahkan ke kopi, teh, smoothies, dan juga digunakan sebagai alternatif susu sapi pada makanan penutup serta panggangan.

Dalam satu cangkir (240 ml), susu almond tanpa pemanis mengandung sekitar 30–35 kalori, 2,5 gram lemak, 1 gram protein, juga 1–2 gram karbohidrat (16, 17). Dibandingkan dengan susu sapi, susu almond miliki kurang dari seperempat kalori serta kurang dari setengah lemak. Protein lalu karbohidratnya juga signifikan tambahan rendah.

Susu almond merupakan salah satu pilihan susu nondairy dengan kalori terendah, ideal bagi merekan yang tersebut ingin menghurangi asupan kalori pada diet mereka.

Santan

Santan miliki tekstur yang dimaksud lembut dan juga rasa kelapa yang manis namun halus. Dalam satu cangkir (240 ml), terdapat 45 kalori dan juga 4 gram lemak, sementara hampir tidaklah mengandung protein dan juga karbohidrat (20, 21). Santan ini mengandung sepertiga kalori susu sapi, dengan isi lemak setengahnya, juga total protein kemudian karbohidrat yang dimaksud berjauhan lebih besar sedikit.

Sebenarnya, santan miliki isi protein kemudian karbohidrat yang digunakan paling rendah dibandingkan dengan jenis santan non dairy lainnya. Ini adalah kemungkinan besar bukanlah pilihan yang mana optimal bagi mereka itu yang dimaksud membutuhkan asupan protein tinggi, tetapi cocok bagi merek yang dimaksud ingin menurunkan karbohidrat di diet mereka.

Susu kacang mete

Susu kacang mete adalah minuman nondairy yang tersebut populer, terbuat dari kacang mete utuh kemudian air. Memiliki tekstur lembut juga kaya, juga kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, juga senyawa flora yang bermanfaat lainnya.

Tersedia di versi tanpa pemanis kemudian dengan pemanis, susu kacang mete dapat menggantikan susu sapi pada sebagian besar resep. Susu kacang mete mengandung lemak sehat, protein, juga beraneka vitamin serta mineral. Sebagian besar lemak yang tersebut terkandung berasal dari asam lemak tak jenuh yang dimaksud meningkatkan kesejahteraan jantung dan juga menawarkan faedah lainnya.

Artikel ini disadur dari 5 Alternatif Susu Non Dairy Bagi Penderita Alergi Susu, Coba Susu Kedelai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *