Otomotif

Ketahui Perbedaan Mobil Karakter Transmisi Otomatis serta Transmisi CVT

55
×

Ketahui Perbedaan Mobil Karakter Transmisi Otomatis serta Transmisi CVT

Share this article

Jakarta – Mobil dengan transmisi CVT adalah mobil yang digerakkan dengan sistem Continous Variable Transmission sedangkan mobil matik konvensional lebih besar dikenal dengan automatic alias AT. 

Di Tanah Air masyarakat masih banyak yang belum paham akan kedua jenis transmisi pada mobil matik ini. Padahal mengetahui perbedaannya sangatlah penting sebagai panduan ketika membeli mobil serta perawatannya.

Dikutip dari laman Suzuki, transmisi konvensional lebih besar dahulu ada dibandingkan CVT lalu kepanjangannya adalah A Torque Converters. Dalam transmisi otomatis ini terdapat tiga komponen penting yaitu planetary gear set, torque converters serta hydraulic control unit. 

Masing-masing dari komponen yang disebutkan mempunyai fungsi berbeda dan juga sangat penting. Fungsi dari torque converter mirip dengan pedal kopling pada mobil manual. Sedangkan planetary gear merupakan rasio gigi di pada sistem kerja transmisi konvensional. 

Terakhir adalah komponen hydraulic control unit yang mana fungsinya untuk mengatur kopling di mana berlangsung perpindahan gigi.

Lalu apa itu CVT? Jika transmisi AT menggunakan torque converter, perangkat yang digunakan CVT adalah puli serta sabuk baja. 

Kedua komponen yang dimaksud nantinya akan menggerakkan transmisi serta inovasi gigi rasio akan menyesuaikan putaran mesin. Transmisi CVT sendiri merupakan teknologi yang dimaksud lebih besar modern. 

Apabila dilihat dari cara kerjanya, pemindahan daya dari mesin ke ban belakang nantinya akan bertumpu pada sabuk baja yang tersebut menghubungkan drive pulley lalu driven pulley menggunakan prinsip gaya gesek. 

Mana yang mana Lebih Baik Antara Transmisi CVT serta AT?

Dilansir dari CarandDriver, salah satu keunggulan transmisi CVT adalah kemampuannya untuk terus mengubah rasio giginya. Hal ini berarti bahwa berapa pun putaran mesinnya, mesin akan setiap saat bekerja pada efisiensi puncaknya. CVT banyak kali menawarkan penghematan materi bakar yang dimaksud lebih lanjut baik, teristimewa ketika berkendara di dalam pada kota.

Digital Trends menyatakan bahwa sebagian besar mobil yang tersebut dilengkapi dengan CVT menawarkan pengendaraan yang tersebut lebih banyak halus daripada mobil mirip dengan transmisi otomatis biasa. Ini adalah lantaran transmisi tiada pernah berpindah. Tidak ada penurunan gigi secara tanpa peringatan ketika mobil membutuhkan tenaga tambahan, juga tak ada perasaan mencari-cari gigi yang mana terkadang Anda rasakan pada transmisi otomatis tradisional.

CVT lebih besar ringan daripada transmisi otomatis tradisional, serta hal ini, dikombinasikan dengan pengoperasian yang mana tambahan halus, membantu meningkatkan efisiensi material bakar kendaraan yang digunakan dilengkapi dengan CVT.

Karena kurangnya roda gigi, kendaraan CVT lebih banyak mudah-mudahan menemukan kemudian mempertahankan rasio torsi yang mana ideal. Kendaraan ini lebih besar simpel lepas landas dari lampu merah serta tambahan simpel mendaki medan yang mana sulit akibat transmisi variabel memungkinkannya untuk berjalan di dalam “gigi” yang digunakan tepat juga masih berada di dalam sana.

Ada kelebihan tentu cuma ada kekurangan, inilah hal yang mana wajib dipertimbangkan sebelum Anda membeli. 

1. Perawatannya tambahan mahal, lantaran di mana terdapat kerusakan transmisi harus diganti secara keseluruhan baik itu belt lalu pulley. Tentu hanya biaya ini akan menguras kantong. 
2. Bukan mobil yang dirancang untuk memuat beban berat lalu melalui medan yang terjal. Sehingga mobil dengan transmisi CVT kurang cocok jikalau Anda kerap bepergian ke area tersebut. 
3. Tarikan mesin akan terasa pelan sehingga sulit untuk mendapat kecepatan yang dimaksud instan. Banyak sekali yang dimaksud bukan sabar juga kerap mengalami kesulitan pada waktu melintasi jalanan macet. 

Artikel ini disadur dari Ketahui Perbedaan Mobil Karakter Transmisi Otomatis dan Transmisi CVT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *