Lifestyle

4 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kecantikan

51
×

4 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kecantikan

Share this article

Jakarta – Selain dijadikan tumbuhan hias, anggrek juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu materi alami untuk barang kecantikan.

Bunga anggrek dapat bermetamorfosis menjadi salah satu substansi alami yang dimaksud cukup banyak ditemukan pada formula kosmetik. Ia mengandung beberapa zat yang dimaksud dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Dirangkum dari berubah-ubah sumber, berikut sederet faedah bunga anggrek untuk kecantikan.

1. Mengurangi Tanda Penuaan

Ekstrak bunga anggrek sejumlah digunakan oleh perusahaan kosmetik sebagai komponen berpartisipasi pada item mereka. Salah satu jurnal penelitian A Comprehensive Review of the Cosmeceutical Benefits of Vanda Species (Orchidaceae) menyebutkan bahwa bunga anggrek memiliki faedah untuk mengempiskan tanda-tanda penuaan.

Ekstrak anggrek dari Vanda coerulea lalu V. teres menunda penuaan yang dimaksud disebabkan spesies oksigen reaktif (ROS) pasca iradiasi LV melalui aktivitas radikal bebas kemudian anti-inflamasinya. Ekstrak ini juga menunjukkan sifat anti-penuaan dengan menstimulasi sitokrom c oksidase (kompleks IV), yang tersebut merupakan bagian dari rantai transpor elektron dalam mitokondria. 

2. Melembabkan Kulit

Kaya akan senyawa pelembab, konsentrat anggrek miliki sifat humektan yang menawan air ke di dermis untuk menciptakan dermis montok, kencang, dan juga terhidrasi. 

Selain menurunkan tanda penuaan, mucilage (lendir) pada anggrek juga berfungsi sebagai pelembab yang mana memungkinkan untuk merawat lapisan kulit masih terhidrasi. Mucilage berfungsi sebagai pelembab serta emolien lantaran daya ikat airnya yang tersebut tinggi. Selain itu, konsentrat anggrek memberikan hidrasi epidermis dengan menstimulasi aquaporin 3 (AQP3) serta ekspresi protein LEKTI.

3. Mencerahkan Kulit

Sebuah studi dari School of Chinese Medicine (SCM) di Hong Kong Baptist University (HKBU) menemukan bahwa senyawa alami yang digunakan ditemukan di dua jenis anggrek Dendrobium dapat secara efektif mencerahkan lapisan kulit kemudian melindunginya dari kerusakan oksidatif. 

4. Mencegah Permasalahan Kulit

Semua pemukim menginginkan epidermis yang digunakan sehat. Dikutip dari Onlymyhealth.com, vitamin A kemudian radikal bebas yang ada pada anggrek menyebabkan epidermis Anda sehat serta awet muda, mengurangi keriput lalu hambatan kulit. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan ekstraksi anggrek ke pada masker wajah untuk mendapatkan efek glowing.

Artikel ini disadur dari 4 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *