Lifestyle

3 Cara Cek Nomor Registrasi Security Layanan di dalam BPOM, Mudah!

51
×

3 Cara Cek Nomor Registrasi Security Layanan di dalam BPOM, Mudah!

Share this article

Jakarta – Suatu produk-produk kosmetik, obat, atau makanan dapat dikatakan aman bila telah dilakukan mengantongi izin edar atau nomor registrasi dari Badan Pengawas Jalan keluar juga Makanan (BPOM). Sayangnya, pada waktu ini tak jarang ada barang yang digunakan mencantumkan nomor registrasi BPOM palsu. 

Pengecekan item di BPOM diperlukan untuk menjamin keamanannya. Maklum saat ini marak item tiruan yang tersebut dapat membahayakan kesehatan warga apabila sampai dikonsumsi di jangka panjang. Hal inilah yang menyebabkan setiap penduduk wajib mengetahui prosedur untuk cek komoditas di dalam BPOM, berikut beberapa cara untuk mengeceknya. 

Mengenal BPOM Secara Singkat

Badan Pengawas Solusi juga Makanan (BPOM) adalah sebuah lembaga pemerintahan yang bertugas mengawasi peredaran ramuan kemudian makanan di dalam Indonesia. BPOM harus melakukan konfirmasi keamanan dari produk-produk yang dimaksud dikonsumsi masyarakat, seperti obat-obatan, makanan, minuman, hingga item kecantikan. Lembaga nonkementerian ini bertanggung jawab terhadap presiden melalui menteri bidang kesehatan.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 180 tahun 2017 tentang Badan Pengawasan Solusi serta Makanan, BPOM miliki tugas untuk menyelenggarakan pengawasan terhadap obat serta makanan sesuai peraturan perundang-undangan. Barang yang mana dimaksud adalah obat, unsur obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, kemudian pangan olahan. Dengan demikian, BPOM dapat mengatur izin edar hasil yang aman dikonsumsi lalu bebas dari material berbahaya.

Cara Cek Barang di BPOM

Terdapat tiga cara untuk mengecek BPOM suatu produk-produk apakah di antaranya asli atau palsu. Mulai dari pengecekan manual, melalui platform resmi, ataupun aplikasi mobile yang tersebut dapat diakses secara gratis. Berikut beberapa cara cek item di BPOM dan juga langkah-langkah untuk mengaksesnya.

1. Cek Manual BPOM

BPOM mempunyai kampanye nasional untuk mengundang penduduk lebih lanjut peduli pada keaslian dan juga keamanan barang melalui kegiatan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan juga Cek Kedaluwarsa). Adapun cara manual untuk mengecek item bernomor registrasi BPOM adalah sebagai berikut:

– Cek: Pengecekan detail terhadap produk.

– K: Kemasan di keadaan baik atau rusak.

– L: Label informasi komoditas harus tertera jelas juga dapat dibaca secara detail

– I: Izin edar telah dimiliki oleh item tersebut.

– K: Kedaluwarsa belum melebihi batas waktu berlakunya suatu produk.

2. Cara Cek Sistem dalam BPOM Melalui Situs

Berikut cara mengecek BPOM item melalui laman resminya.

– Buka browser Anda juga kunjungi web BPOM pada laman https://cekbpom.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Produk’ serta pilih kategori cara pengecekannya, apakah menggunakan nomor registrasi, nama produk, kemudian lain-lain.

– Masukkan kata kunci produk-produk berdasarkan kategori yang sudah dipilih setelah itu klik ‘Cari’.

– Website akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar item dan juga tempat komoditas dibuat.

3. Cara Cek Sistem di dalam BPOM Melalui Aplikasi

Berikut cara cek barang pada BPOM melalui aplikasi:

– Pastikan Anda sudah mengunduh perangkat lunak Cek BPOM di ponsel terlebih dahulu.

– Buka aplikasi mobile tak lama kemudian pilih opsi pencarian sesuai kebutuhan. Mulai dari nomor registrasi, nama produk/nama dagang, juga lain-lain.

– Isi Kata Kunci Penting pencarian setelah itu  klik ‘Cari’.

– Sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar item serta tempat hasil dibuat.

Cara Lapor Layanan Palsu di BPOM

Jika menemukan komoditas yang mana mencurigakan dijual bebas dan juga memiliki Nomor BPOM palsu, Anda dapat melaporkannya ke BPOM secara langsung. Berikut cara melapornya:

– Buka browser pada ponsel Anda berikutnya kunjungi laman https://ulpk.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Form Pengaduan’ tak lama kemudian isi formulir dengan data yang mana tepat.

– Jika sudah selesai, klik ‘Kirim’.

– Laporan Anda akan ditindaklanjuti oleh BPOM sesuai prosedur yang mana berlaku.

Pilihan Editor: BPOM Pengenalan Sirup Penyelesaian yang tersebut Aman dari Cemaran Etilen Glikol juga Dietilen Glikol

VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI (CW) | POM.GO.ID

Artikel ini disadur dari 3 Cara Cek Nomor Registrasi Keamanan Produk di BPOM, Mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *