Olahraga

Perbasi apresiasi penyelenggaraan kompetisi basket 3×3 ke luar Jawa

21
×

Perbasi apresiasi penyelenggaraan kompetisi basket 3×3 ke luar Jawa

Share this article
Perbasi apresiasi penyelenggaraan kompetisi basket 3×3 ke luar Jawa

Ibukota – PP Perbasi mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi bola basket 3×3 Nusantara Tournament yang digunakan sukses diselenggarakan di dalam Makassar Sulawesi Selatan pada 5 hingga 7 Juli, sebagai upaya pengembangan olahraga yang disebutkan ke seluruh wilayah Tanah Air.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini terselenggara berkat kerja sejenis PT Supersport Sensation (PT SSS) International dengan PP Perbasi dan juga didukung oleh Bank Mandiri Tbk yang digunakan sudah ada berjalan tiga tahun pelaksanaan.

Inovasi yang digunakan diperkenalkan pada tahun ketiga ini adalah memperluas pertandingan ke luar Jawa, setelahnya sebelumnya belaka dilaksanakan di dalam Pulau Jawa. Sebelum diadakan di Sulawesi Selatan, Mandiri 3X3 Negara Indonesia Tournament juga singgah di dalam Medan, Sumatera Utara, dengan Play-In Tournament berlangsung pada 27-28 April serta Grand Final pada 1 Mei 2024.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menekankan pentingnya keterlibatan pihak swasta di pengembangan bumi bola basket pada Indonesia, khususnya di menumbuhkembangkan Basket 3X3.

"Untuk merawat eksistensi Basket 3X3 Indonesia, dibutuhkan regenerasi yang dimaksud berjenjang agar prestasi sanggup berkesinambungan. Peran Mandiri 3X3 Nusantara Tournament penting di sukseskan inisiatif regenerasi yang tersebut digaungkan PP Perbasi," kata Nirmala di penjelasan tertulis.

Direktur Utama PT SSS International, Azwan Karim, mengapresiasi semangat para atlet yang tersebut berpartisipasi di kejuaraan ini dalam Makassar. "Mandiri 3X3 Indonesi Tournament ini tidak sembarang kejuaraan lantaran atlet yang bersaing pada di sini merupakan pebasket yang dimaksud tercatat di dalam peringkat globus perorangan FIBA 3X3," katanya.

"Selain menambah jam terbang bagi para pemain muda, turnamen ini juga kami sediakan untuk PP PERBASI pada mencari bakat pada mendirikan kekuatan Basket 3X3 dalam masa depan," kata beliau lagi.

Basket 3X3 Negara Indonesia sendiri telah dilakukan menunjukkan eksistensinya ke tingkat internasional. Pada SEA Games 2019, Basket 3X3 Putra meraih medali perak. Di FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket 3X3 Putri menempati peringkat ketiga pada Asia.

Pada turnamen SEA Games Hanoi 2021 serta SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Basket 3X3 Putri berhasil meraih medali perunggu. Terakhir, Timnas Basket 3X3 Putri berhasil meraih medali emas dalam ASEAN University Games 2024 yang dijalankan di Surabaya-Malang.

Setelah penyelenggaraan dalam Medan dan juga Makassar, Penanggung Jawab Mandiri 3X3 Indonesia Tournament, Chaerul Anwar Azis, mengumumkan bahwa turnamen ini akan berlanjut dalam Daerah Jawa.

"Regional Jawa akan berlangsung dengan Play-in Tournament pada Banten, Bandung, Solo, kemudian Surabaya, dengan Grand Final Lokal Jawa akan difokuskan pada DKI Jakarta," ujar Chaerul.

Artikel ini disadur dari Perbasi apresiasi penyelenggaraan turnamen basket 3×3 di luar Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *