Kesehatan

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang mana Benar Memakai Sunscreen

57
×

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang mana Benar Memakai Sunscreen

Share this article

Jakarta – Paparan sinar matahari dapat memiliki kemungkinan merusak kulit. Pemanfaatan sunscreen berubah menjadi langkah penting di menyimpan kesehatan serta kecantikan kulit. Berikut adalah tips memakai sunscreen yang digunakan benar.

Bolehkah Dipakai Setelah Cuci Muka?

Bagi kebanyakan orang, langkah perawatan epidermis pagi hari melibatkan pembersihan, toner, serta pelembap. Pertanyaannya, apakah sunscreen dapat digunakan setelahnya mencuci muka?

Dilansir dari My Glamm, sunscreen sebaiknya diaplikasikan setelahnya langkah-langkah dasar perawatan lapisan kulit tersebut. Jadi, pasca membersihkan wajah, menggunakan toner, juga melembapkan kulit, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan sunscreen.

Perlu diingat bahwa sunscreen wajib diaplikasikan pada epidermis setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum pergi dari ruangan agar sunscreen dapat bekerja optimal.

Perbedaan Pemakaian Physical juga Chemical Sunscreen

Terdapat dua tipe sunscreen, yakni sunscreen kimia (chemical) juga sunscreen fisik (physical). Fungsi keduanya sama-sama melindungi lapisan kulit dari paparan sinar UV. Namun ada perbedaan pada cara penggunaannya.

Dikutip dari Watson, sunscreen kimia sebaiknya diaplikasikan sebelum pelembap. Sunscreen kimia bekerja dengan mengakomodasi sinar ultraviolet dari matahari lalu mengubahnya berubah menjadi panas yang dimaksud kemudian dilepaskan.

Aktivasi sunscreen kimia membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit sebelum terpapar sinar matahari agar memberikan pemeliharaan optimal. Karena itu, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen kimia segera pada dermis tanpa lapisan pelembap tebal agar material aktifnya dapat meresap ke di dermis dengan baik.

Sebaliknya, sunscreen fisik yang digunakan mengandung titanium dioksida atau zinc oksida dapat diaplikasikan setelahnya pengaplikasian pelembap serta komoditas perawatan dermis lainnya. Sunscreen fisik bekerja sebagai penghalang fisik yang berada dalam berhadapan dengan dermis untuk memantulkan sinar UV.

Dalam hal ini, sunscreen fisik dapat diterapkan sebagai lapisan terakhir untuk menciptakan penghalang fisik lalu melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Reapply Sunscreen

Selain pemakaian sebelum pergi dari ruangan, reaplikasi sunscreen sangat penting, teristimewa apabila lapisan kulit terpapar sinar matahari di waktu yang mana lama.

Sebaiknya pemakaian sunscreen diulang setiap 30 hingga 60 menit untuk merawat daya tahan dermis sehingga kehancuran akibat matahari, seperti lapisan kulit menghitam atau penuaan dini, dapat dihindari. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 25 jikalau berada dalam pada ruangan, serta minimal SPF 50 apabila berada di dalam luar ruangan.

Sunscreen dapat diulang bahkan dalam melawan makeup , juga cara praktis untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sunscreen pada bentuk semprotan. Sunscreen semprot ini tak semata-mata mudah-mudahan diaplikasikan kembali di dalam berhadapan dengan makeup, tetapi juga tak merobohkan dasar makeup.

Artikel ini disadur dari Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang Benar Memakai Sunscreen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *