Olahraga

Duel Inggris vs Swiss dalam Euro 2024, Gareth Southgate Hindari Pertanyaan Soal Rencana Perubahan Taktik

24
×

Duel Inggris vs Swiss dalam Euro 2024, Gareth Southgate Hindari Pertanyaan Soal Rencana Perubahan Taktik

Share this article

Jakarta – Duel Timnas Inggris vs Swiss akan tersaji di pertandingan sesi perempat final Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 di Dusseldorf Arena pada Hari Sabtu malam, 6 Juli 2024, pukul 23.00 WIB. Manajer Inggris Gareth Southgate dengan sigap mengelak pertanyaan tentang kemungkinan pembaharuan formasi pada waktu menghadapi Swiss.

Southgate mengemukakan bahwa para pemain terlihat lebih tinggi baik di latihan persiapan menghadapi putaran perempat final. “Kami terus-menerus mempertimbangkan cara terbaik untuk mendekati permainan. Kami selalu berjuang bersiap untuk memberikan lawan kami permainan terbaik.” kata beliau pada konferensi pers mendekati pertandingan, disitir dari Reuters.

Southgate  mendapat kritikan dikarenakan pendekatan permainan The Three Lions di empat pertandingan sebelumnya. Permainan Inggris dianggap tidaklah menarik. Sejumlah laporan menyebutkan bahwa Southgate berencana untuk beralih dari formasi empat bek ke tiga bek, yang akan memungkinkan beliau untuk menggunakan bek sayap dalam kedudukan yang tersebut lebih besar besar di dalam lapangan.

Kiper Jordan Pickford juga mengelak pertanyaan tersebut. Menurut dia, tidaklah sejumlah perbedaan antara kedua formasi tersebut. “Ini tentang keseimbangan formasi apa pun yang digunakan Anda mainkan. Jika itu adalah tiga bek atau empat bek, bentuknya tidaklah akan sejumlah berubah.”

Meskipun tidak ada mengonfirmasi apakah Luke Shaw akan masuk pada susunan pemain utama, Southgate meyakinkan bahwa pemain Manchester United itu pada keadaan bugar setelahnya pulih dari cedera. Ia juga memuji Kieran Trippier yang digunakan juga berhasil mengisi peran dalam pos bek kanan. 

“Trippier tak memberikan keseimbangan yang dimiliki pemain kaki kiri alami, tetapi kepemimpinan, komunikasi, juga cara bicaranya sangat fenomenal lalu membantu pemain sayap di depan untuk memainkan permainan mereka,” kata Southgate.

KEMAJUAN INGGRIS

Southgate menyatakan telah lama mengamati kemajuan Timnas Inggris di pelatihan. “Anda jelas ingin bermain bagus sebagai sebuah tim, ambisi Anda adalah bermain sebaik mungkin. Setiap tim ingin bersemangat, setiap tim ingin mencetak gol,” kata Southgate, yang mana akan memainkan pertandingannya yang tersebut ke-100 untuk Inggris.

“Kami sudah menghadapi lawan yang tersebut menghasilkan keadaan menjadi sangat- sangat sulit bagi kami. Ada sejumlah ekspektasi pada regu khususnya dalam awal turnamen, jadi saya rasa tim, bahkan di latihan, sekarang terlihat berada secara mental. Mereka terlihat lebih lanjut cair, dan juga saya mengharapkan kami untuk bermain dengan baik,” ujar ia setelahnya pertandingan yang mana tak menantang bertarung dengan Serbia, Denmark, Slovenia juga Slovakia.

Southgate tampak marah sewaktu ditanya apakah ia sudah pernah berbicara dengan para pemain tentang cara memanfaatkan kesempatan untuk lolos. Musababnya, Inggris dianggap mendapatkan lawan enteng di undian fase gugur.

Southgate membantah hal tersebut. “Kami menghadapi negara sepak bola yang dimaksud sangat kuat (Swiss) yang tersebut bermain sangat baik, sangat siap, dan juga miliki kebanggaan yang sangat besar. Fokus kami adalah bagaimana kami mengungguli pertandingan ini? Bagaimana kami memainkannya dengan kemampuan terbaik kami?”

“Kami tentunya sangat menghormati lawan kami. Dan kami tahu kami harus tampil sebaik kemungkinan besar untuk sanggup meraih kemenangan pertandingan,” kata Southgate. Pemenang laga Inggris vs Swiss akan bertemu Belanda atau Turki pada semifinal Euro 2024.

Artikel ini disadur dari Duel Inggris vs Swiss di Euro 2024, Gareth Southgate Hindari Pertanyaan Soal Rencana Perubahan Taktik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *