Entertainment

Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

16
×

Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Share this article
Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Tangerang Selatan – Head of Coffee Common Grounds sekaligus Juara 3 World Brewers Cup 2024 Ryan Wibawa menjelaskan keistimewaan kopi ekselsa, yakni salah satu jenis kopi dengan cita rasa manis yang digunakan sejumlah dibudidayakan ke kawasan Jawa Barat.

"Ada spesies kopi yang digunakan terdapat di lingkup kopi, yaitu liberika kemudian ekselsa yang kurang populer," kata Ryan ketika ditemui pada acara bincang-bincang pada kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat.

Awalnya, ekselsa berasal dari daratan Afrika lalu menyebar ke kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Kini, cukup berbagai petani kopi Indonesi yang dimaksud mulai membudidayakan kopi ekselsa dalam kawasan Jawa Barat, khususnya di Sumedang serta Kuningan.

Menurut Ryan, kopi ekselsa memiliki karakteristik tersendiri yang tersebut berbeda dengan kopi jenis arabika maupun robusta. Kopi ekselsa memiliki aroma khas yang mana unik dengan rasa dominan yang dimaksud manis.

"Ini (ekselsa) mempunyai karakteristik manis yang mana cukup dominan, acidity (asam) juga, serta pohonnya sangat baik untuk mempertahankan habitat lingkungan," kata Ryan.

Keunikan kopi ekselsa inilah yang tersebut menimbulkan Ryan berani untuk memperkenalkannya ke kompetisi World Brewers Cup 2024, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Di kompetisi tersebut, Ryan berhasil menyabet juara ketiga mengalahkan tiga brewer dari negara lainnya, yaitu Australia, Prancis, serta Republik Ceko.

Meskipun kopi ekselsa kurang populer, Ryan berhasil memadukan kopi yang disebutkan dengan dua jenis kopi lainnya pada kompetisi kompetisi tersebut. Kini, semakin banyak pendatang mulai mengetahui kopi ekselsa dan juga tertarik untuk mencicipi cita rasa unik dari kopi tersebut.

"Ekselsa adalah salah satu kopi yang saya bawakan dalam kompetisi kemarin juga saya ambil kopi ini dari Sukawangi, Jawa Barat," katanya.

Dia menambahkan, "Saya juga bekerja serupa dengan manusia teman lalu beliau menyuplai kopi yang saya bawakan (di kompetisi), juga antusiasme konsumen sangat membesar ketika launching (pemasaran ekselsa) dalam wadah Tokopedia".

Ryan mengatakan kopi ekselsa sudah menantang perhatian masyarakat di dalam tahun ini juga kemungkinan akan semakin populer ke depannya. Ia pun optimistis kopi ekselsa dapat menjadi salah satu komoditas kopi potensial di dalam sektor kopi Nusantara.

"Menurut saya, ekselsa di dalam tahun ini sedang berbagai jadi incaran berbagai penduduk dikarenakan penasaran serta berubah menjadi sesuatu hal yang mana menarik," cerita dia. 

 

Artikel ini disadur dari Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *