Berita

Cara memilih skincare berdasarkan jenis epidermis

27
×

Cara memilih skincare berdasarkan jenis epidermis

Share this article
Cara memilih skincare berdasarkan jenis epidermis

DKI Jakarta – Sebagian besar warga pernah mengalami hambatan dengan pencarian barang perawatan epidermis atau skincare yang tepat. Padahal, kunci untuk mendapatkan dermis terbaik terletak pada pemahaman jenis lapisan kulit oleh sebab itu setiap pemukim mempunyai jenis lalu permasalahan dermis yang digunakan berbeda sehingga cara memilih skincare yang dimaksud digunakan juga harus disesuaikan.

Secara garis besar, ada lima jenis lapisan kulit yaitu; kering, berminyak, normal, kombinasi dan juga sensitif. Berikut adalah cara untuk memilih skincare yang tepat yang sesuai dengan jenis epidermis Anda.

Kulit kering

Dikutip dari laman Derma Essentia, lapisan kulit kering mengalami status dimana dermis kekurangan kelembapan dan juga memunculkan lebih banyak sedikit minyak. Tampak kasar dan juga bersisik dengan tekstur bukan rata. 

Biasanya usai membersihkan wajah, dermis akan terasa kencang juga tak jarang mengalami iritasi dan juga gatal. 

Kulit kering jarak jauh lebih tinggi rentan terhadap garis-garis halus serta kerutan di dalam usia dini akibat hilangnya elastisitas.

Anda membutuhkan komoditas penenang dermis dengan unsur yang lembut dan juga menghidrasi, seperti asam hialuronat juga ceramide untuk memulihkan kemudian mengunci kelembapan lapisan kulit juga menjadikannya lembut serta halus.

Rutinitas skincare yang ideal adalah; 
1. Losyen pembersih yang mana lembut
2. Pembersih wajah yang menghidrasi
3. Pelembab atau krim yang mana sangat menghidrasi
4. Tabir surya berbahan dasar gel atau krim
5. Krim di malam hari yang tersebut meremajakan

Kulit berminyak

Berbeda dengan epidermis kering, lapisan kulit berminyak memproduksi sebum (minyak) berlebih dari kelenjar sebaceous, sehingga menimbulkan epidermis tampak berminyak kemudian berkilau.

Kulit berminyak dikaitkan dengan berubah-ubah hambatan lapisan kulit seperti pori-pori membesar, komedo, jerawat kemudian noda hitam.

Untuk mengatasi dermis berminyak, diperlukan bahan-bahan pengontrol minyak, non-komedogenik juga mattifying seperti; witch hazel, niacinamide serta asam azelaic dengan sifat anti-inflamasi yang dimaksud mampu membersihkan sekaligus mengecilkan pori-pori agar dermis tampak lebih banyak halus.

Rutinitas skincare yang ideal adalah;
1. Pembersih wajah berbusa bebas minyak
2. Toner wajah
3. Serum vitamin C
4. Pelembab mattifying dan pengontrol minyak
5. Tabir surya spektrum luas berbahan dasar gel

Kulit kombinasi

Mengatasi hambatan epidermis pada epidermis kombinasi berarti juga harus fokus pada permasalahan lapisan kulit kering serta berminyak.

Kulit dengan zona T yang tersebut berminyak juga mempunyai jerawat ke area ini, dermis yang dimaksud tampak berminyak dengan pori-pori membesar, namun kering dalam bagian pipi merupakan tanda-tanda lapisan kulit kombinasi.

Rutinitas perawatan dermis untuk lapisan kulit kombinasi;
1. Selalu gunakan pembersih lapisan kulit yang tersebut lembut, yang dapat membantu menyeimbangkan hidrasi dan juga mengontrol produksi minyak.
2. Wajib menggunakan toner oleh sebab itu akan membantu menjaga pH dermis serta membatasi produksi minyak berlebihan.
3. Gunakan pelembap yang digunakan sangat menghidrasi lantaran tidak ada hanya saja menghidrasi kulit, tetapi juga membantu menurunkan produksi sebum berlebihan.
4. Jika T-zone masih belum terkontrol, oleskan pelembab mattifying hanya pada area T-zone.
5. Jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya berbahan dasar gel spf 50 untuk menjaga kesejahteraan lapisan kulit secara keseluruhan.

Kulit sensitif

Jenis epidermis sensitif biasanya memiliki dermis yang sederhana teriritasi atau meradang, juga sangat reaktif terhadap banyak item perawatan epidermis serta unsur lingkungan, teristimewa paparan sinar matahari.

Orang dengan dermis sensitif mudah-mudahan terserang sinar matahari. Kemerahan, lapisan kulit kering lalu kasar, gatal juga terbakar biasanya muncul pada warga dengan dermis sensitif.

Anda harus menggunakan komoditas perawatan lapisan kulit atau item kosmetik dengan sangat hati-hati jikalau lapisan kulit Anda diantaranya jenis sensitif. Jangan lupa untuk melakukan uji tempel sebelum membeli produk-produk apa pun.

Rutinitas perawatan epidermis untuk lapisan kulit sensitif:
1. Selalu pilih perawatan lapisan kulit penting yang tersebut lembut dan juga alami juga ramah kulit.
2. Oleskan pelembab ultra-hidrasi yang dapat membantu menenangkan kulit.
3. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya berbasis gel SPF 50 spektrum luas pada waktu meninggalkan rumah ke bawah sinar matahari.
4. Usahakan untuk mengelak kontak dengan segera dengan sinar matahari pada waktu yang dimaksud lebih lanjut lama.

Kulit normal

Jenis lapisan kulit normal berarti miliki keadaan lapisan kulit yang digunakan seimbang dengan hidrasi yang tepat, dan juga proteksi sebum lapisan kulit yang mana memadai tanpa hipersensitivitas. Jenis dermis ini adalah yang tersebut terbaik lantaran tidak ada diperlukan cemas pada waktu memilih hasil perawatan kulit.

Kulitnya jernih tanpa kemerahan, pori-pori tampak kecil serta hidrasi seimbang. Namun, masih tambahan baik memilih barang perawatan dermis yang dimaksud berkualitas.

Rutinitas perawatan dermis normal;
1. Pilih pembersih wajah yang digunakan menghidrasi atau pembersih wajah yang mengelupas dengan lembut untuk mengangkat sel dermis mati.
2. Pilih pelembab ringan terbaik bebas minyak untuk semua jenis kulit.
3. Wajib mengaplikasikan serum vitamin C, serum retinol atau serum asam hialuronat untuk mempertahankan keutuhan kulit.
4. Jenis epidermis ini dapat gunakan tabir surya berbentuk krim, gel, atau semprotan.

Artikel ini disadur dari Cara memilih skincare berdasarkan jenis kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *