Berita

Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

16
×

Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

Share this article
Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

Ibukota Indonesia – Salah satu penyakit yang umum berlangsung adalah gastroesophageal reflux disease (GERD) atau keadaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan. 

Meskipun umum terjadi, penyakit itu dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati atau mulas ke bagian bawah dada. Kondisi itu berjalan pada saluran pencernaan yang mana menghubungkan mulut serta lambung, dan juga dapat menyebabkan iritasi.

Naiknya asam lambung dapat memunculkan sensasi seperti terbakar (heartburn) ke ulu hati atau pada antara dada lalu pusar. Ada beberapa cara yang dimaksud dapat diambil untuk mengatasi GERD.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit tersebut:

1. Perubahan pola makan yang teratur
Salah satu penggerak asam lambung naik adalah waktu makan yang dimaksud berantakan. Buat jadwal makan yang teratur setiap hari kemudian hindari makanan pedas, berlemak, lalu berkafein. Makanlah pada porsi kecil serta jumlah kali tambahan kerap dibandingkan makan di porsi besar sekaligus

2. Beri jeda pasca makan
Jangan segera berbaring, apalagi tidur pasca makan. Beri jarak waktu setidaknya 3 jam setelahnya makan, baru boleh berbaring atau pergi tidur. Langsung berbaring setelahnya makan bisa saja menghasilkan asam lambung naik ke tenggorokan. 

3. Menghindari makanan pemicu
Sejumlah makanan mampu memulai asam lambung naik, misalnya makanan berlemak sebab tubuh membutuhkan waktu tambahan lama untuk mencerna. Selain makanan berlemak, makanan lain yang digunakan mengakibatkan penyakit itu antara lain kopi dan juga buah yang digunakan asam.

4. Pola tidur
Hindari tidur pasca makan. Jika penyakit sedang kambuh, tidurlah dengan kepala kemudian bahu lebih tinggi tinggi dari tubuh.

5. Kurangi berat badan
Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan gejala.

6. Berhenti merokok
Merokok menyebabkan sfingter esofagus, cincin otot pada sekitar kerongkongan, melemah sehingga asam lambung sanggup naik.

7. Mengelola stres
Stres dapat memperburuk gejala. Coba teknik-teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

8. Konsultasi dengan dokter
Jika gejala tidak ada membaik meskipun telah mengubah gaya hidup, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut lanjut seperti penyelenggaraan ramuan tertentu.

Setiap penduduk dapat hanya memiliki respons yang mana berbeda pasca menerapkan cara-cara mengatasi asam lambung. Konsultasikan penyakit dengan dokter untuk rekomendasi yang digunakan sesuai dengan keadaan Anda.  

Artikel ini disadur dari Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *