Ekonomi

Pelindo Jual Saham Jalan Tol Cibitung-Cilincing untuk Cicil Utang

25
×

Pelindo Jual Saham Jalan Tol Cibitung-Cilincing untuk Cicil Utang

Share this article

Jakarta – PT Pelabuhan Nusantara (Pelindo) akan melakukan devistasi berhadapan dengan 65 persen sahamnya pada Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Uang hasil jual saham itu nantinya akan digunakan untuk menyicil utang perusahaan yang dimaksud membengkak pasca merger pada 2021 silam.

Direktur Pelindo Arif Suhartono mengemukakan awalnya Pelindo menginvestasikan Rp9 trilun pada pembangunan tol tersebut. “Pelepasan saham ini menurunkan beban utang Pelindo sebesar Rp8 triliun,” kata Arif ketika rapat bersatu Komisi VI DPR, Rabu, 3 Juli 2024.

Pelepasan sebagian besar saham tersebut, kata Arif, merupakan target yang dimaksud telah terjadi disusun Pelindo. “Pelindo memiliki target pengurangan utang dalam tahun 2024 ini sekitar Rp8 trliun dari devistasi jalan tol,” katanya.

Ia menyatakan ketika merger, total utang Pelindo tercatat sebesar Rp50,90 triliun. Jumlah yang disebutkan merupakan akumulasi dari utang PT Pelindo I,II, III lalu IV. Dalam dua tahun terakhir, kata dia, utang Pelindo berkurang sebesar Mata Uang Rupiah 11 triliun.

“Tahun 2024 ini proyeksinya total utang akan turun bermetamorfosis menjadi Rp41,93 triliun,” kata dia.

Menurut dia, Pelindo tidak ada akan melepas semua sahamnya ke jalan tol Cibitung-Clincing. Pasalnya, jalan tol yang disebutkan merupakan akses pengiriman kargo yang digunakan terhubung secara langsung dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Proses pelepasan saham ditargetkan selesai pada 2024 ini. “Karena kami masih melanjutkan proyek New Priok Eastern Access yang digunakan akan menghubungkan Kalibaru dengan jalan tol ini,” pungkasnya.

Adapun ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing  dibangun serta dioperasikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP). Korporasi ini berada pada bawah naungan PT Akses Pelabuhan Tanah Air juga PT Menara Maritim Indonesia. Kedua perusahaan yang dimaksud berada di dalam bawah anak usaha Pelindo, yakni PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL). 

Artikel ini disadur dari Pelindo Jual Saham Jalan Tol Cibitung-Cilincing untuk Cicil Utang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *