Berita

Bawa Cenderawasih ke Koper, Aktor Bollywood Diamankan Bea Cukai Soetta

26
×

Bawa Cenderawasih ke Koper, Aktor Bollywood Diamankan Bea Cukai Soetta

Share this article
Bawa Cenderawasih ke Koper, Aktor Bollywood Diamankan Bea Cukai Soetta

Tangerang

Aktor Bollywood ditangkap personel Bea-Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Aktor Bollywood yang disebutkan ditangkap lantaran hendak menyelundupkan 2 ekor cenderawasih serta berang-berang melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo mengutarakan awalnya tenaga bandara mencurigai hasil citra X-ray koper miliknya. Koper tercatat di dalam bagasi pesawat Indigo Air nomor penerbangan 6E 1602 tujuan Mumbai, India, pada Mulai Pekan (1/7/2024).

Karena kecurigaan itu personel Bea-Cukai Soekarno-Hatta kemudian Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta melakukan penindakan terhadap koper. Aktor Bollywood yang dimaksud menyelundupkan cenderawasih juga berang-berang itu sama-sama makanan.

“Saat diwujudkan pemeriksaan terhadap koper yang digunakan turut disaksikan oleh penumpang, didapati satu ekor burung Cendrawasih ikterus kecil Paradisaea minor, satu ekor burung cenderawasih botak Papua Cicinnurus respublica, kemudian satu ekor berang-berang cakar kecil albino Aonyx cinereus pada koper yang tersebut disamarkan dengan bermacam macam makanan, baju, tas tangan, lalu mainan anak false concealment,” kata Gatot di jumpa pers ke kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Kamis (4/7).

Aktor Bolywood tersebut, yang digunakan sudah ada berada di boarding room, kemudian diperiksa.

ADVERTISEMENT

“Penumpang kemudian diamankan ke kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta untuk dijalankan pemeriksaan lebih banyak lanjut,” imbuhnya.

Selanjutnya, Gatot mengemukakan persoalan hukum ini dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan serta sudah ditetapkan sebagai dituduh berhadapan dengan dugaan pelanggaran perbuatan pidana kepabeanan Pasal 102A Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan menghadapi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

“Dia diancam dengan ancaman hukuman pidana maksimal 10 tahun kemudian denda maksimal Rupiah 5 miliar,” kata Gatot.

Saksikan Live DetikSore:

(mea/dhn)

Artikel ini disadur dari Bawa Cenderawasih di Koper, Aktor Bollywood Diamankan Bea Cukai Soetta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *