Berita

7 Juli 2024 Memperingati Apa? Ada Tahun Baru Islam juga Peringatan Lainnya

16
×

7 Juli 2024 Memperingati Apa? Ada Tahun Baru Islam juga Peringatan Lainnya

Share this article
7 Juli 2024 Memperingati Apa? Ada Tahun Baru Islam juga Peringatan Lainnya

Jakarta

Tanggal 7 Juli memperingati sebagian momen penting. Bagi umat Islam, 7 Juli 2024 bertepatan peringatan tegas Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Di Indonesia, 7 Juli diperingati Hari Pustakawan Nasional. Secara internasional, ada peringatan tegas Hari Memaafkan Sedunia.

Berikut serba-serbi masing-masing peringatan serius tersebut:

Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Tanggal 7 Juli 2024 Masehi (H) bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1446 Hijriah (H), yakni peringatan serius Tahun Baru Islam. Hari penting umat Islam ini memperingati pergantian tahun pada kalender Hijriah, tepatnya pada setiap tanggal 1 Muharam.

Di Indonesia, tanggal peringatan serius Tahun Baru Islam ditetapkan sebagai tanggal merah untuk hari libur nasional pada rangka peringatan keras hari raya/besar keagamaan. Setiap tahunnya ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Untuk tahun ini, berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional juga Cuti Bersama Tahun 2024, tanggal 7 Juli 2024 (hari Minggu( ditetapkan sebagai tanggal merah untuk hari libur nasional peringatan keras Tahun Baru Islam yang dimaksud ke-1446 Hijriah.

ADVERTISEMENT

Hari Pustakawan Nasional

Di Indonesia, setiap tanggal 7 Juli memperingati Hari Pustakawan Nasional. Hari ini sekaligus pada rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), organisasi yang menaungi profesi pustakawan di dalam Indonesia.

Untuk tahun ini, Hari Pustakawan Nasional 2024 bertepatan dengan peringatan tegas HUT ke-51 IPI. Sejarahnya, organisasi IPI telah berdiri sejak tanggal 7 Juli 1973. Kemudian tanggal 7 Juli ditetapkan sebagai Hari Pustakawan sejak tahun 1990.

Pustakawan sendiri merupakan pemukim yang digunakan bekerja pada bidang perpustakaan, atau ahli perpustakaan. Dengan adanya peringatan tegas Hari Pustakawan Nasional setiap tanggal 7 Juli ini bermaksud untuk mengapresiasi peran kemudian jasa mereka.

Hari Memaafkan Sedunia

Secara internasional, tanggal 7 Juli juga diperingati sebagai Hari Memaafkan Sedunia (Global Forgiveness Day). Mengutip dari National Today, peringatan tegas ini untuk meningkatkan niat baik pada antara orang-orang, juga menghadirkan semua penduduk untuk mencoba mengesampingkan perbedaan serta menciptakan bola yang penuh dengan penyembuhan dan juga melegakan hal-hal negatif.

(wia/wia)

Artikel ini disadur dari 7 Juli 2024 Memperingati Apa? Ada Tahun Baru Islam dan Peringatan Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *