Ekonomi

Ribuan Buruh Akan Demo di dalam depan Istana Besok, Siapkan 7 Tuntutan

17
×

Ribuan Buruh Akan Demo di dalam depan Istana Besok, Siapkan 7 Tuntutan

Share this article

Jakarta – Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengutarakan akan berunjuk rasa pada Rabu, 3 Juli 2024. Unjuk rasa ini merespons berubah-ubah perkara terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) buruh dalam beberapa jumlah lapangan usaha tekstil.

“Selain di dalam sektor tekstil, buruh pada sektor kurir lalu logistik juga terancam PHK besar-besaran,” kata Said di pernyataan tertulis, pada Selasa, 2 Juli 2025. Menurut dia, PHK ini dipicu dengan adanya kebijakan baru dari Kementerian Perdagangan berisi Peraturan Menteri Perdagangan tentang Kebijakan kemudian Pengaturan Impor.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia itu menyatakan, ribuan buruh yang tergabung pada Partai Buruh serta KSPI akan mengatur aksi dalam depan Istana Negara. Setelah itu demonstrasi buruh dilanjutkan ke Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, kemudian Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada siang harinya.

Dia mengatakan, di unjuk rasa tersebut, buruh menyebabkan tujuh tuntutan, yakni memohonkan supaya perusahaan tekstil berhenti PHK buruh, mencabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024, melindungi bidang pada negeri, khususnya sektor tekstil, kurir, logistik, dan juga baja.

Berikutnya buruh akan mendesak pemerintah membatalkan peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang membolehkan aplikator/platform online asing membuka bisnis jasa kurir dan juga logistik. Mengajukan agar stop persaingan tak fit bidang usaha jasa kurir dan juga logistik asing yang digunakan dimiliki wadah seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, kemudian lainnya dengan jasa kurir pada negeri seperti J&T, Pos Indonesia, serta lainnya.

Meminta pemerintah menghindari ancaman PHK puluhan ribu buruh di sektor kurir dan juga logistik. “Termasuk di dalam Pos Indonesia,” katanya. Selanjutnya mendesak Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU memanggil Shopee, Blibli, Tokopedia, serta lainnya untuk melarang media asing mengambil bagian bermain di usaha jasa kurir kemudian logistik.

Said mengutarakan aksi yang digunakan menyebabkan tujuh tuntutan buruh itu akan dimulai dengan titik kumpul pada Patung Kuda Indosat pada pukul 09.30 WIB. Menurit dia, ribuan buruh dari Jabodetabek akan melakukan pergerakan bersama-sama menyampaikan aspirasi juga tuntutannya.

Artikel ini disadur dari Ribuan Buruh Akan Demo di depan Istana Besok, Siapkan 7 Tuntutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *