Olahraga

Hasil MotoGP Belanda 2024: Francesco Bagnaia Juara, Jorge Martin Finis Kedua, Marc Marquez Keempat

20
×

Hasil MotoGP Belanda 2024: Francesco Bagnaia Juara, Jorge Martin Finis Kedua, Marc Marquez Keempat

Share this article

Jakarta – Francesco Bagnaia menjuarai balapan MotoGP Belanda 2024, Minggu, 30 Juni. Ia menorehkan dobel lantaran sehari sebelumnya juga menjuarai sprint race.

Bagnaia finis terdepan ke Assen, berubah jadi juara untuk ketiga kalinya pada sirkuit sama. Jorge Martin dari Pramac finis finis kedua, terpaut sekitar tiga detik. 

Enea Bastianini (Ducati Lenovo) bangkit dari tempat ke-11 untuk merebut tempat ketiga. Sedangkan Marc Marquez finis di dalam urutan keempat.

Bagnaia melakukan start yang enak dan juga menjadi pemimpin di dalam tikungan pertama, dengan Maverick Vinales dari Aprilia menguntit dalam belakangnya. Sempat turun tiga posisi, Martin mampu segera naik dua peringkat ke sikap ketiga.

Alex Rins dari Yamaha mengalami highside yang dimaksud mengerikan pada tikungan pembuka dan juga harus meninggalkan dari rute pada waktu balapan baru cuma dimulai.

Martin melakukan aksi agresif terhadap Vinales pada pertengahan lap pembuka. Kemudian Marc Marquez dari Gresini juga melakukan hal yang tersebut sejenis pada lap berikutnya.

Pembalap rookie Pedro Acosta berhasil meningkatkan tempat GasGas dari sikap kesepuluh dalam grid ke tempat kelima pada dua lap awal. Ia memanfaatkan kesalahan para peserta balap di dalam depannya.

Bagnaia melonjak menjauh juga berhasil menimbulkan jarak dengan Martin setelahnya tiga lap, dengan Marquez tertinggal dua detik di dalam sikap ketiga.

Akhir pekan yang dimaksud buruk bagi Luca Marini berlanjut. Ia terjungkal pada gravel dalam Tikungan 4 kemudian akibatnya ia mundur dari lintasan, yang mana menyebabkan ia masih belum berhasil meraih poin pertamanya dengan seragam Repsol Honda.

Marco Bezzecchi tergelincir dari motornya. Ia berhasil menyalakannya kembali, namun peluangnya untuk meraih poin yang digunakan kuat telah dilakukan hilang. Pada lap ke-7, grup memutuskan untuk mengistirahatkan motornya.

Rekan setimnya, Di Giannantonio dari VR46 Ducati turun beberapa peringkat di dalam awal balapan setelahnya menjalani kualifikasi yang kuat. Namun, ia berhasil menyalip Acosta juga Alex Marquez pada Lap 4 serta 5 lalu menempatkan dirinya kembali di persaingan podium.

Upaya Marquez untuk mengejar duo Ducati membuatnya menerima peringatan serius batas lintasan, ketika Di Giannantonio menempatkan motornya melintasi Vinales di dalam sikap keempat. Akhir pekan yang tersebut buruk bagi Repsol Honda berlanjut dengan kedua pembalapnya berhenti dalam tujuh lap awal akibat Joan Mir juga bukan dapat menyelesaikan balapan.

Di Giannantonio menunjukkan kecepatannya yang digunakan kuat, menyamai para peserta balap GP24 ke depan, ketika ia menyalip Marquez untuk tempat podium. 

Dengan jarak 2,6 detik, Martin tiada dapat mendekati Bagnaia, tetapi terus melaju dengan kecepatan yang tersebut sebanding pada waktu balapan kelas utama mencapai setengah jalan. Sedangkan jarak antara kedudukan kedua kemudian ketiga semakin melebar hingga hampir empat detik dengan Di Giannantonio yang dimaksud berhasil menahan Marquez untuk menyalipnya.

Seperti pada Sprint hari Sabtu, Bastianini dari kelompok pabrikan Ducati mampu menemukan kecepatan yang dimaksud tiba-tiba. Ia mendekati Acosta, sang rookie, lap demi lap pada upaya untuk menyamai kedudukan keempat seperti sehari sebelumnya.

Pembalap Italia ini berhasil menyalip sang rookie dengan sembilan lap tersisa. Drama pun berlangsung pada waktu ia mengalami kesulitan di dalam Tikungan 8 pada Lap 19 yang menimbulkan Vinales kemudian Marquez berada pada depannya. 

Vinales naik ke sikap ketiga, kemudian Bastianini menyalip Marquez di Tikungan 1 pada Lap 21 untuk merebut sikap keempat.

Di Giannatonio melebar mengundurkan diri dari dari garis di dalam sektor kedua yang tersebut cepat, yang dimaksud menciptakan Acosta memacu GasGas yang mana sedikit aus ke tempat keenam. Namun, hal itu bukan berlangsung lama; oleh sebab itu kedua atlet sepeda bertukar tempat ke lap yang digunakan sama.

Bastianini berhasil meraih hasil yang lebih lanjut baik dari Sprint hari Hari Sabtu untuk menempati kedudukan ketiga pasca menyalip Vinales di dalam Tikungan 17. Acosta terjungkal pada waktu berada ke sikap ketujuh, sebelum Marquez berhasil menyalip Vinales untuk merebut kedudukan keempat di dalam lap terakhir.

Raihan poin maksimal Bagnaia dalam akhir pekan berarti jaraknya dengan Martin menipis berubah menjadi 10 poin. Martin meraih tempat kedua, ke depan Bastainini untuk melengkapi podium 1-2-3 GP24 Ducati.

Kecelakaan Marquez pada Sprint hari Hari Sabtu ditebus dengan finis di dalam tempat keempat pada balapan utama. Vinales berada pada kedudukan kelima di dalam depan Di Gianntonio, namun kedua peserta balap harus bertukar tempat pasca balapan akibat Vinales melebihi batas lintasan.

Hasil MotoGP Belanda 2024:

No  Pembalap Tim
1 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP24)
2 Jorge Martin Pramac Ducati (GP24)
3 Enea Bastianini Ducati Lenovo (GP24)
4 Marc Marquez Gresini Ducati (GP23)
5 Fabio Di Giannantonio   VR46 Ducati (GP23)
6 Maverick Viñales Aprilia Factory (RS-GP24)
7 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
8 Alex Marquez Gresini Ducati (GP23)
9 Raul Fernandez Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
10 Franco Morbidelli Pramac Ducati (GP24)
11 Jack Miller Red Bull KTM (RC16)
12 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
13 Johann Zarco LCR Honda (RC213V)
14 Augusto Fernandez Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
15 Miguel Oliveira Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
16 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
17 Luca Marini Repsol Honda (RC213V)
  Pedro Acosta Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
  Joan Mir Repsol Honda (RC213V)
  Marco Bezzecchi VR46 Ducati (GP23)
  Alex Rins Monster Yamaha (YZR-M1)

.

Artikel ini disadur dari Hasil MotoGP Belanda 2024: Francesco Bagnaia Juara, Jorge Martin Finis Kedua, Marc Marquez Keempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *