Ekonomi

BI Papua: Temuan uang palsu capai 33 lembar di semester I-2024

10
×

BI Papua: Temuan uang palsu capai 33 lembar di semester I-2024

Share this article
BI Papua: Temuan uang palsu capai 33 lembar ke semester I-2024

Sebagai langkah nyata kami gencar sosialisasi serta literasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah hingga ke pelosok Tanah Papua khususnya dalam wilayah 3T juga dilakukan

Jayapura – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengatakan, selama semester I-2024 telah lama menemukan uang palsu banyaknya 33 lembar, turun apabila dibandingkan tahun sebelumnya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Negara Indonesia Papua Thomy Andryas di dalam Jayapura, Senin, mengatakan, pada 2023 temuan uang palsu banyaknya 56 lembar sehingga dengan semakin menurunnya data temuan uang palsu, menandakan rakyat semakin memahami ciri keaslian uang rupiah.

“Sebagai langkah nyata kami gencar sosialisasi juga literasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah hingga ke pelosok Tanah Papua khususnya ke wilayah 3T juga dilakukan,” katanya.

Menurut Thomy, temuan uang palsu pada wilayah Papua terus mengalami penurunan dari 2022 yaitu berjumlah 341 lembar, kemudian 2023 berjumlah 56 lembar serta semester I-2024 turun hingga 33 lembar.

“Meski mengalami penurunan namun kami juga terus melakukan Training for Trainer (ToT) untuk aparat penegak hukum ke Papua agar semakin meningkatkan kemampuan pada mengawasi lagi ciri keaslian uang rupiah,” ujarnya.

Dia menjelaskan oleh sebab itu rapat koordinasi (rakor) penanganan langkah pidana mata uang rupiah sama-sama seluruh unsur Pemberantas Uang Palsu (Botasupal) yang ada di wilayah Papua sangat penting diwujudkan agar ke depan peredaran uang palsu semakin berkurang.

“Jadi kami telah dilakukan melakukan rakor dengan Botasupal Papua bertempat di Bali dari 25-26 Juni sebagai aksi lanjut koordinasi pusat agar literasi ciri keaslian uang rupiah bisa jadi tambahan pada pahami,” katanya.

Dia menambahkan Bank Indonesia senantiasa menyediakan ahli rupiah di setiap pengungkapan tindakan hukum temuan uang palsu satu di antaranya melakukan tahapan klarifikasi pemeriksaan forensik di Bank Indonesi Counterfeit Analysis Center (BI-CAC) atau laboratorium analisa uang palsu.

Artikel ini disadur dari BI Papua: Temuan uang palsu capai 33 lembar di semester I-2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *