Olahraga

Menilik Lawan Timnas Indonesi dalam Kualifikasi Piala Global 2026: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Cina

24
×

Menilik Lawan Timnas Indonesi dalam Kualifikasi Piala Global 2026: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Cina

Share this article

Jakarta – Hasil undian putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia resmi diinformasikan pada Kamis, 27 Juni 2024. Timnas Tanah Air tergabung pada grup C dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, serta Cina.

Di menghadapi kertas, Jepang, Australia, serta Arab Saudi berubah menjadi lawan terkuat bagi Timnas Indonesia. Mereka merupakan tiga grup yang digunakan paling berpengalaman, baik dalam level Asia maupun di dalam level dunia.

Walau begitu, Bahrain juga Cina juga tak bisa jadi dianggap enteng. Keduanya pada waktu ini mempunyai peringkat FIFA yang tersebut lebih besar tinggi ketimba Tim sepak bola Merah Putih. Bahrain berada dalam urutan ke-81, sementara Cina menempati tempat ke-88. Tanah Air sendiri ada dalam peringkat ke-134.

Lantas, seperti apa kekuatan dari setiap-tiap lawan Timnas Negara Indonesia ke grup C? Simak selengkapnya berikut ini.

Jepang

Jepang merupakan salah satu kelompok kuat di dalam Asia. Dari sisi trofi, Samurai Biru berubah jadi yang dimaksud paling sejumlah mengoleksi gelar kejuaraan juara Piala Asia sebanyak-banyaknya empat kali. Mereka juga berubah menjadi negara Asia kedua yang dimaksud paling banyak berpartisipasi pada event Piala Dunia, tujuh kali dengan prestasi terbaik lolos ke putaran 16 besar.

Pada putaran kedua, Jepun tampil dominan dengan lolos sebagai juara grup B. Tim asuhan Hajime Moriyasu menyapu bersih enam pertandingan dengan catatan 24 gol dilesakkan tanpa kemasukkan.

Mayoritas para pemain utama Negeri Sakura pada waktu ini berkarier di Eropa. Top skor, Ayase Ueda, merupakan penyerang jika klub Belanda Feyenoord. Wonderkid Takefusa Kubo pada masa kini menguatkan klub Spanyol Real Sociedad. Sang kapten, Wataru Endo merupakan salah satu pemain utama klub Inggris Liverpool.

Timnas Indonesi juga Negeri Sakura sempat bersua pada fase grup Piala Asia 2023. Kala itu, Skuad Garuda tertunduk dengan skor 1-3.

Selebrasi timnas Negeri Sakura setelahnya mencetak gol pembuka pada pertandingan perempat final Piala Asia AFC U23 Qatar 2024 antara Qatar serta Negeri Matahari Terbit di dalam Stadion Jassim Bin Hamad ke Doha, Qatar, Kamis, 25 April 2024. Negeri Matahari Terbit berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor 4-2 kemudian melaju ke semifinal. Noushad Thekkayil/NurPhoto

Australia

Australia menjadi salah satu tim unggulan pada putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia. Pengalaman merek menembus turnamen sepak bola paling bergengsi sedunia itu dapat menjadi modal berharga untuk melakoni pertandingan pada tahap ini.

Socceroos tercatat sudah ada enam kali tampil dalam Piala Bumi dengan pencapaian tertinggi lolos ke fase 16 besar. Di level Asia, Australia sudah pernah mengoleksi satu gelar kejuaraan Piala Asia lalu satu kali berubah menjadi runner up.

Jackson Irvine berubah menjadi salah satu pemain andalan Australia. Pemain lapangan jika klub St Pauli sudah ada mencatatkan 69 caps dengan tim senior dengan koleksi 10 gol. Selain itu, ada pula Harry Souttar, bek jangkung berpostur 198 cm yang digunakan menguatkan Leicester City. Pemain berusia 25 tahun itu telah lama bermain 30 kali untuk Australia dengan koleksi 11 gol.

Timnas Indonesia miliki pengalaman tak mengenakan dengan Australia. Pada pertarungan terakhir pada Piala Asia 2023, Socceroos mampu menang 4-0, sekaligus memulangkan Skuad Garuda di dalam sesi 16 besar.

Para pemain Timnas Australia berbaris sebelum pertandingan Piala Asia AFC Babak 16 Besar Australia vs Tanah Air dalam Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, 28 Januari 2024. REUTERS/Molly Darlington

Arab Saudi

Selanjutnya, ada Arab Saudi, regu yang cukup disegani ke kawasan Asia. Tim asuhan Roberto Mancini itu tercatat telah tiga kali menjuarai Piala Asia. Tim berjuluk Elang Hijau juga telah terjadi enam kali tampil di Piala Global dengan prestasi terbaik lolos ke putaran 16 besar.

Masih segar pada ingatan saat Arab Saudi menciptakan sejarah dengan sukses mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 pada turnamen Piala Global 2022 ke Qatar. Keberhasilan itu menggemparkan seluruh dunia akibat menjadi salah satu prestasi yang mana membanggakan, bahkan sampai negara pun menetapkan satu hari libur nasional untuk merayakannya.

Pemain timnas Arab Saudi, Salem Al-Dawsari melakukan selebrasi setelahnya mencetak gol ke gawang Argentina di penyisihan grup C Piala Global ke Lusail Stadium, Lusail, Qatar, 22 November 2022. REUTERS/Dylan Martinez

Berikutnya Bahrain dan juga Cina…

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Menilik Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Cina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *