Olahraga

Trofi bola emas Diego Maradona pada Piala Planet 1986 akan dilelang

48
×

Trofi bola emas Diego Maradona pada Piala Planet 1986 akan dilelang

Share this article
Trofi bola emas Diego Maradona pada Piala Planet 1986 akan dilelang

Ibukota – Rumah lelang Aguttes akan melelang Trofi Bola Emas Adidas milik Diego Maradona, di Rumah Lelang Internasional Aguttes, Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, pada 6 Juni mendatang.

Trofi itu merupakan penghargaan individu yang dimaksud diberikan terhadap Maradona sebab ia bermetamorfosis menjadi pemain terbaik di Piala Planet 1986. Pada Piala Global edisi yang dimaksud ia berubah menjadi kapten timnas Argentina dan juga berhasil menyebabkan timnya menjadi juara, sekaligus mencetak dua gol ikonik ketika berhadapan dengan Inggris dalam perempat final.

Pakar olahraga pada Rumah Lelang Aguttes, Francois Thierry, mengumumkan bahwa pelabelan kata legenda terhadap Maradona sangat sesuai dengan prestasi yang dimaksud diraih semasa hidupnya.

“Dia menyukai sepak bola seperti Muhammad Ali dalam tinju atau Michael Jordan dalam bola basket, sebuah ikon yang digunakan terpencil melampaui batas olahraganya. Dia tentu belaka merupakan salah satu atlet paling manusiawi yang mana pernah kita kenal, dengan kekuatan dan juga kelemahannya,” kata Thierry pada keterang resmi tercatat pada laman resmi Aguttes.

“Anak emas "El Pibe de Oro" yang mana juga dijuluki "Dewa sepak bola", adalah perkara istimewa pada sejarah sepak bola dunia, sebuah bakat yang mana alami dan juga insting, pada karir yang dimaksud dipenuhi dengan kilauan kejelian dengan kesuksesan juga kelebihan,” tambahnya.

Diego Armando Maradona dinobatkan sebagai “Pemain Abad ke-20” oleh FIFA, dengan dengan Pele, kemudian trofi Bola Emas ini melambangkan pencapaian terbesarnya lalu gol terbesarnya.

Sejak Piala Planet FIFA 1982, Trofi Bola Emas telah terjadi memberikan penghargaan terhadap pemain terbaik kejuaraan tersebut, lalu dengan demikian merupakan salah satu penghargaan individu paling bergengsi di bola sepak bola.
 

Diego Maradona, instruktur Argentina, sebelum pertandingan Argentina vs Nigeria di FIFA World Cup, Afrika Selatan pada 12 Juni 2010. (REUTERS)

Maradona menerima trofi Bola Emas sebagai pemain terbaik Piala Global di Lido, Paris, Prancis, pada 13 November 1986. Ini adalah merupakan sebuah karya unik di sejarah sepak bola, penghargaan yang dimaksud diberikan terhadap pemain paling simbolis di olahraga ini, dengan Pele, juga merupakan yang dimaksud pertama di dalam lingkungan ekonomi seni.

Sebelumnya tak ada trofi Bola Emas yang dimaksud dilelang. Museum FIFA menyimpan Bola Emas dari tahun 1990.

Pada lelang belakangan ini, kaus yang dikenakan Diego Maradona ketika pertandingan Piala Planet 1986 berperang melawan Inggris, dikabarkan akan dijual dengan harga jual sekitar tujuh jt dolar.

Trofi yang disebutkan dijual oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge yang digunakan bertukar kaus dengan Maradona setelahnya pertandingan klasik Piala Bumi dengan Maradona mencetak gol “Tangan Tuhan” lalu “Gol Abad Ini”.

Artikel ini disadur dari Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 akan dilelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *