Berita

Pushidrosal penghargaan 14 operasi sepanjang 2024, termasuk di IKN

19
×

Pushidrosal penghargaan 14 operasi sepanjang 2024, termasuk di IKN

Share this article
Pushidrosal penghargaan 14 operasi sepanjang 2024, di antaranya di IKN

Dari hasil pemetaan ulang perairan pada dekat pesisir dalam IKN, Pushidrosal telah terjadi menentukan jalur dan juga tempat perairan yang dimaksud aman untuk kapal berjenis LPD sandar ataupun lego jangkar

Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengatur 14 operasi survei bawah laut sepanjang 2024, satu di antaranya pada antaranya dalam perairan sekitar Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN).

Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto pada waktu ditemui pada Jakarta, Selasa, menjelaskan dari 14 operasi itu, 10 di dalam antaranya pemetaan perairan dekat pesisir (coastal), sementara empat lainnya di perairan yang tersebut terpencil dari pesisir, di antaranya di wilayah Alur Laut Kepulauan Negara Indonesia (ALKI) I, ALKI II, ALKI III.

Budi melanjutkan untuk pemetaan di dalam perairan dekat pesisir, salah satunya yang ada dalam IKN.

“Kami kemarin ke sana konsentrasi untuk rencana 17 Agustus-an di dalam IKN sehingga kami dari sisi hidrografi kami mendukung, sebab waktu itu ada permintaan dari Mabes TNI, coba dipelajari kalau kita menggunakan kapal LPD sehingga kami survei ulang di dalam wilayah IKN, kira-kira di dalam dermaga mana, alur mana yang tersebut memungkinkan untuk menampung LPD,” kata Danpushidrosal.

Dari hasil pemetaan ulang perairan pada dekat pesisir dalam IKN, Pushidrosal telah lama menentukan jalur kemudian tempat perairan yang tersebut aman untuk kapal berjenis LPD sandar ataupun lego jangkar.

Budi juga menjelaskan, Pushidrosal pada waktu ini fokus memetakan perairan bawah laut wilayah ALKI, oleh sebab itu perairan itu merupakan jalur utama pelayaran termasuk untuk transportasi lalu dagang.

“Itu adalah tanggung jawabnya Indonesia sebagai negara kepulauan. Jadi kami harus menyediakan (jalur pelayaran yang aman) di dalam ALKI sehingga pada ketika kami menyediakan jalan buat kapal-kapal lewat jangan sampai ada sesuatu terjadi,” kata Budi.

Danpushidrosal juga memverifikasi tahun ini Pushidrosal menunda ekspedisi laut pada Jala Citra IV. Pushidrosal pada 2023 mengadakan ekspedisi Jala Citra III ke Flores dan juga Jala Citra II di Banda pada 2022.

“Untuk Jala Citra IV, sementara masih kami tunda, masih kami pelajari ulang lantaran terkait kesiapan kapal, sehingga tahun ini kami masih prioritas pada tugas utama Pushidrosal, kalau sudah ada datang kapal baru, tahun depan nanti kami akan alokasikan lagi,” kata Danpushidrosal.

Artikel ini disadur dari Pushidrosal gelar 14 operasi sepanjang 2024, termasuk di IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *