Berita

NasDem: Usung Anies di Pilgub Jakarta, Akan Dukung Kaesang Jika Maju pada Pilgub Jateng

82
×

NasDem: Usung Anies di Pilgub Jakarta, Akan Dukung Kaesang Jika Maju pada Pilgub Jateng

Share this article

TEMPO.CO, Jakarta – Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai akan segera calon gubernur pada Pemilihan Pemimpin wilayah atau Pilgub Ibukota 2024.

“Sore ini kami telah lama membulatkan tekat, menyepakati untuk pemilihan gubernur 2024, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi secara langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Ibukota Indonesia dari Partai Nasional Demokrat,” ujar Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim dalam DPP NasDem, Ibukota Indonesia Pusat, Senin, 22 Juli 2024.

Herwawi mengatakan, NasDem mengaku memberikan dukungan terhadap Anies tanpa syarat, merek juga memberi kebebasan untuk Anies di menentukan wakilnya sendiri.

“Pak Anies juga diberi kelepasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya dengan satu syarat, Wakil itu tidak ada boleh dari Partai NasDem,” ucap Hermawi.

Sebelumnya, NasDem sudah ada mempersiapkan pencalonan pada Pilgub Ibukota Indonesia dengan mengadakan rapat pleno mulai dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta hingga Badan Pemenangan pemilihan raya (Bappilu) Pusat Partai Nasdem.

Hermawi menuturkan, dari rapat pleno itu, sudah ada ada tiga nama yang dimaksud berproses untuk Pilgub Jakarta, yakni Anies, politikus Nasdem Ahmad Sahroni, lalu Ketua DPW Nasdem Ibukota Indonesia Wibi Andrino.

Untuk urusan Pilgub Ibukota 2024, Anies diketahui belum memutuskan pasangan cawagub yang dimaksud akan mendampinginya nanti. Meskipun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah lama mengumumkan memperkuat Anies berpasangan dengan Sohibul Iman.

Dukung Kaesang dalam Pilgub Jateng

Sementara itu, Ketua Fraksi NasDem Roberth Rouw mengatakan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan mengupayakan penuh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, apabila forward di dalam pemilihan kepala daerah Jateng. 

“Masalah Pemilihan Kepala Daerah Jateng, tadi ketua umum saya (Surya Paloh) sudah ada komunikasikan beliau respect, kalau mas Kaesang progresif ke Jateng. NasDem akan beri dukungan penuh terhadap beliau,” kata Roberth Rouw pada waktu ditemui ke DPP NasDem, Ibukota Indonesia Pusat, Senin, 22 Juli 2024.

Dukungan tersebut, kata Robert, lantaran mengawasi peluang yang sangat besar dari Kaesang di Jateng.

“Tadi Pak Surya cuma titip satu, mengawasi potensinya mas Kaesang sebagai anak muda. Kita lihat survei cukup baik ke sana. Maka beliau bilang, alangkah baik kalau mas Kaesang masuk ke Jateng, kemudian kami akan memberikan dukungan,” ujar Roberth.

Ia menambahkan dukungan terhadap Kaesang apabila forward sebagai cagub Jawa tengah, tidak sebagai cawagub. “Harus sebagai cagub dong,” tambahnya.

Diketahui, Kaesang menyambangi Kantor DPP NasDem pada Mulai Pekan kemarin, 22 Juli 2024, pukul 13.10 WIB. Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu didampingi oleh anggota badan pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Kedatangan Kaesang disambut oleh Ketua Fraksi NasDem Roberth Rouw beserta jajaran dari Partai NasDem.

Artikel ini disadur dari NasDem: Usung Anies di Pilgub Jakarta, Akan Dukung Kaesang Jika Maju di Pilgub Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *