Entertainment

Liburan pada Batam Zoo Paradise : Bisa Berinteraksi 30 Jenis Makhluk Hidup Hingga Berenang Gratis ke Waterpark

59
×

Liburan pada Batam Zoo Paradise : Bisa Berinteraksi 30 Jenis Makhluk Hidup Hingga Berenang Gratis ke Waterpark

Share this article

Batam – Tidak seperti kebun binatang pada umumnya, Batam Zoo Paradise menawarkan konsep edukasi lalu interaksi secara langsung dengan beraneka jenis hewan lokal serta luar negeri. Tak hanya sekali itu destinasi wisata terkenal baru ini juga miliki waterpark di kawasan kebun binatang.

Buka sejak Desember 2023 lalu, Batam Zoo Paradise yang berada di Kawasan Ocarina Batam Centre, Pusat Kota Batam, selalu sibuk dikunjungi wisatawan. Tidak semata-mata wisatawan tetapi juga dijadikan tempat belajar dan juga mengenal hewan bagi anak-anak sekolah yang ada di Batam.

Beberapa pendatang murid sekolah berfoto dengan hewan ikon Alpaka ke Batam Zoo Paradise. TEMPO/Yogi Eka Sahputra

Kunjungan Tempo, Juni 2024 setelah itu terlihat rombongan anak-anak sekolah berkunjung ke Batam Zoo Paradise. Asisten Manager Batam Zoo Paradise, Eko mengatakan, memang sebenarnya pada hari biasa (weekday) kebanyakan pengunjung merupakan rombongan murid sekolah, ada juga dari yayasan hingga panti asuhan. “Sedangkan pada weekend kebanyakan wisawatan lokal maupun mancanegara, dari Singapura lalu Malaysia,” kata Eko.

Batam Zoo Paradise, kata Eko, mengusung konsep membebaskan terhadap pengunjung untuk berinteraksi segera dengan hewan tak belaka sekedar melihat. “Ditempat lain sekedar melihat, disini boleh pegang, gendong juga kasih makan,” ujar pria 23 tahun itu.

Terlihat juga setiap kelompok hewan terdapat zookeeper. Menurut Eko, zookeeper sengaja ditempatkan untuk memandu pengunjung, menjelaskan tentang hewan hingga memberitahu cara memberi makan.

Zookeeper menemani pengunjung memberi makan salah satu hewan yang digunakan ada di dalam Batam Zoo Paradise. TEMPO/Yogi Eka Sahputra

Harga tiket masuk 

Tiket masuk Batam Zoo Paradise untuk wisatawan lokal weekday Rp50.000 satu pemukim dewasa, Rp45.000 satu pendatang anak-anak (3-10 tahun) sedangkan dibawah 3 tahun gratis. Weekend serta hari libur nasional Rp70.000 satu khalayak dewasa, Rp45.000 satu pemukim anak-anak. 

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, weekday Rp70.000 satu khalayak dewasa, Rp45.000 satu penduduk anak-anak. Weekend juga libur nasional Rp90.000 satu pemukim dewasa, juga Rp60.000 satu pendatang anak-anak. “Tiket itu telah free bermain kemudian berenang di waterpark sepuasnya, anak dibawah umur 3 tahun juga gratis masuk,” kata Eko.

Batam Zoo Paradise tidak dari jam 09.00 Waktu Indonesia Barat sampai jam 19.00 malam. Selain bisa jadi berinteraksi lebih tinggi kurang dengan 30 jenis binatang, ke kawasan ini wisatawan juga dapat bermain bermacam wahana, seperti menunggangi kuda dan juga naik delman. “Kalau naik kuda, Rp30 ribu dua kali putaran, sedangkan biaya tambahan untuk naik delman untuk satu keluarga maksimal 6 orang, Rp100 ribu dua putaran,” kata Eko.

Setiap pengunjung yang dimaksud masuk gratis berenang dalam waterpark Batam Zoo Paradise. TEMPO/Yogi Eka Sahputra

Free Bermain di dalam Water Park

Setiap pengunjung setelahnya membeli tiket masuk juga mendapatkan free bermain kemudian berenang sepuasnya ke waterpark yang terdapat dalam pada Zoo Paradise. Di pada waterpark juga terdapat berubah-ubah wahana permainan. “Ada permainan perahu dayung, satu perahu isi dua khalayak Rp40 ribu selama 20 menit,” kata Eko.

Selain itu di dalam kawasan Zoo Paradise pengunjung juga tiada usah khawatir persoalan makanan. Di kawasan ini juga ada cafe tempat menyantap makan sambil duduk menyaksikan ikan-ikan hias di kolam.

Pilihan editor: Pariwisata Batam – Kepulauan Riau Tak Lagi Kompetitif, Hal ini Dua Masalahnya

Artikel ini disadur dari Liburan di Batam Zoo Paradise : Bisa Berinteraksi 30 Jenis Hewan Hingga Berenang Gratis di Waterpark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *