Entertainment

Alur Cerita Film Pusaka yang tersebut Terinspirasi dari Kutukan Keris Empu Gandring

42
×

Alur Cerita Film Pusaka yang tersebut Terinspirasi dari Kutukan Keris Empu Gandring

Share this article

Jakarta – Industri perfilman Indonesi kembali diramaikan dengan penampilan film horor terbaru yang digunakan berjudul “Pusaka”. Film Pusaka telah tayang dalam seluruh bioskop Tanah Air mulai 18 Juli 2024, untuk penonton berusia 17 tahun ke atas.

Kepala produksi MVP Pictures, Amrit Punjabi mengungkapkan, film besutan Rizal Mantovani ini terinspirasi dari salah satu cerita rakyat Tanah Air yang tersebut melegenda. Ide utamanya adalah tentang kutukan keris milik Empu Gandring yang digunakan akan menimpa tujuh keturunan Ken Arok.

“Satu hal yang digunakan ingin kita tonjolkan dari film ini adalah kita memproduksi film horor atau film menantang yang dimaksud terinspirasi dari cerita rakyat, pada hal ini kisahnya Empu Gandring,” ungkap Amrit pada acara press screening dan juga konferensi pers yang digunakan diadakan pada Jumat, 12 Juli 2024.

Lantas, seperti apa alur cerita film Pusaka yang terinspirasi dari kutukan keris Empu Gandring itu? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Alur Cerita Film Pusaka

Film ini mengangkat kisah tentang tim pekerja yang terdiri dari lima pendatang anggota. Mereka adalah Hanna, David, Sandra, Ade, serta Nina sebagai pemimpinnya.

Tim yang dimaksud mendapat tugas untuk memugar sebuah villa besar yang berisi koleksi benda antik hingga pusaka untuk dijadikan sebuah museum. Villa yang disebutkan dimiliki oleh individu kolektor bernama Risang Wisangko.

Villa besar yang disebutkan sebenarnya sudah pernah Risang wariskan terhadap kedua anaknya, yakni Randi Wisangko dan juga Bian Wisangko. Namun, Risang memohon agar villa yang disebutkan dijadikan sebuah museum sebagai permintaan terakhirnya sebelum kematiannya datang lalu meninggalkan banyak pertanyaan.

Kelima khalayak dari tim yang digunakan dipimpin Nina kemudian dipertemukan dengan Profesor Dirga dan juga Mayang. Mereka adalah arkeolog yang dimaksud direkrut Randi Wisangko untuk membantu memudahkan langkah-langkah survei. 

Saat villa yang disebutkan disurvei, mereka menyadari bahwa luas rumah Wisangko melebihi perkiraan semula. Rumah yang disebutkan didesain seperti benteng dengan sistem keamanan ketat serta cuma satu akses untuk meninggalkan masuk rumah.

Keamanan yang mana ketat itu ternyata tidak tanpa alasan. Rumah Risang Wisangko ternyata berubah menjadi tempat tinggal dari banyaknya arca, prasasti serta berubah-ubah senjata berumur banyak tahun lamanya. Keadaan semakin janggal pasca merek tiada sengaja menemukan ruang bawah tanah rahasia yang dimaksud bahkan keberadaannya tidaklah diketahui oleh anak-anak Risang.

Di pada ruang bawah tanah yang dimaksud ditemukan berbagai arca juga senjata tradisional dari era kerajaan kuno ke Tanah Jawa. Beberapa dari artefak itu bahkan ada yang mana selama ini dicari-cari oleh para arkeolog, lantaran hilang secara misterius pada waktu penggalian.

Saat Nina dan juga kawan-kawan menyelidiki ruang bawah tanah rahasia milik Risang, Mayang mengenali sebuah keris terkutuk dari masa lalu. Sandra memainkan keris yang dimaksud hingga tangannya tak sengaja tergores juga berdarah. Anehnya, darah yang tersebut menempel di keris yang disebutkan mengambil bagian tersedot ke pada keris itu.

Suasana bermetamorfosis menjadi tegang. Mayang memaksa dia untuk meninggalkan ruangan tersebut. Kejadian-kejadian aneh mulai berlangsung lalu situasi semakin tak terkendali.

Keris terkutuk itu ternyata memohonkan tumbal darah dari penghuni rumah. Nina, Hanna, David, Sandra, Ade, Randi, Bian, Profesor Dirga, kemudian Mayang pun mencoba untuk bertahan hidup dari teror yang mana mengincar nyawa.

Tentang Film Pusaka

– Judul: Pusaka

– Genre: Horor, Thriller, Aksi

– Tanggal rilis: Kamis, 18 Juli 2024

– Durasi: 1 jam 30 menit

– Rating usia penonton: 17+ (remaja di melawan usia 17 tahun)

– Sutradara: Rizal Mantovani

– Penulis skenario: Husein M. Atmodjo

– Organisasi produksi: MVP Pictures, A&Z Film

– Bahasa: Indonesia

– Asal negara: Indonesia

Daftar Pemain Film Pusaka

Film bergenre horor thriller ini dibintangi oleh deretan aktor juga aktris ternama Tanah Air. Adapun daftar pemainnya adalah sebagai berikut:

1. Shareefa Daanish sebagai Nina

2. Susan Sameh sebagai Hanna Trinita

3. Ajil Ditto sebagai David

4. Ully Triani sebagai Sandra

5. Slamet Rahardjo Djarot sebagai Risang Wisangko

6. Sahila Hisyam sebagai Mayang

7. Bukie B. Mansyur sebagai Randi Wisangko

8. Shofia Shireen sebagai Bian Wisangko

9. Coki Anwar sebagai Darmo

10. Joseph Kara sebagai Prof Dirga

11. Ikhsan Samiaji sebagai Ade

RADEN PUTRI | IMDB| TEMPO

Artikel ini disadur dari Alur Cerita Film Pusaka yang Terinspirasi dari Kutukan Keris Empu Gandring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *