Berita

Perayaan Hari Anak Nasional, Jokowi Beri Kuis Pancasila ke Anak-anak Papua

52
×

Perayaan Hari Anak Nasional, Jokowi Beri Kuis Pancasila ke Anak-anak Papua

Share this article

JakartaHampir banyak anak-anak mengerubungi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana ketika ditawari kuis Pancasila di puncak perayaan Hari Anak Nasional di Istora Papua Bangkit, Sentani, Jayapura, Papua, pada Selasa, 23 Juli 2024.

Sebagaimana dipantau dari akun Youtube Sekretariat Presiden, momen itu terbentuk ketika Jokowi serta Iriana memberikan semangat pada rangkaian puncak perayaan Hari Anak Nasional. Pada awal sesi ini, Jokowi mulanya memberikan kuis matematika dengan bingkisan mainan bagi anak-anak yang mampu menjawab.

Kemudian Iriana memberikan pertanyaan berbeda. Salah satunya memohon anak-anak menyebutkan tiga provinsi ke Papua. Jokowi menyaksikan keluguan dua bocah yang mana terbata-bata menjawab sambil mendengar kisi-kisi dari Ibu Negara.

“Mau lagi dikasih pertanyaan?” kata Iriana. “Ini coba progresif yang tersebut hapal Pancasila,” timpal Jokowi.

Seketika banyak anak-anak yang dimaksud berada ke barisan depan menghampiri Jokowi kemudian Iriana ke melawan panggung. Mereka berlari-lari sebelum kepala negara menunjuk salah satu pemukim yang mana diminta ke depan.

Pasukan keamanan tampak agak sedikit kewalahan menangani anak-anak tersebut. Sebelum Jokowi akhirnya memohonkan dia untuk kembali ke tempat masing-masing. “Kembali ke tempat semua. Yang forward tidak ada akan saya tunjuk. Nanti ditunjuk baru maju,” katanya.

Anak-anak yang dimaksud sempat terlihat masih penasaran dengan kuis Pancasila Jokowi. Beberapa pada antara dia masih nekat progresif ke arah panggung. Namun eks gubernur Ibukota Indonesia itu kembali memohon mereka untuk tiada forward kemudian memilih tiga orang.

Puncak peringatan tegas Hari Anak Nasional ke-40 mengusung tema ‘Dari Papua Untuk Indonesia: Suara Anak Membangun Bangsa’.  Sekitar 8.000 kontestan 6000 ke antaranya siswa-siswi sekolah dasar hadir.

Rangkaian Hari Anak Nasional pagi ini mencakup penyampaian aspirasi terhadap Presiden, pemberian beasiswa, demo metode pembelajaran oleh anak-anak Papua. Ada juga parade baris-berbaris, marching band, hingga pertunjukan tarian kolosal oleh 2.000 anak Papua yang tersebut rencananya akan memecahkan rekor Museum Rekor Bumi Tanah Air (MURI).

Pilihan editor: KSP Moeldoko Tidak Setuju TNI Boleh Berbisnis Lagi

Artikel ini disadur dari Perayaan Hari Anak Nasional, Jokowi Beri Kuis Pancasila ke Anak-anak Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *