Berita

Koalisi Khofifah-Emil Dardak Makin Gemuk, Partai yang mana Mendampingi Mereka Bertambah

49
×

Koalisi Khofifah-Emil Dardak Makin Gemuk, Partai yang mana Mendampingi Mereka Bertambah

Share this article

Jakarta – Pasangan Khofifah-Emil Dardak disinyalir semakin kuat ke Jawa Timur. Partai yang mana mengupayakan pasangan itu bertambah. Setelah didukung 8 parpol, pada Kamis, 18 Juli 2024, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS resmi memperkuat Khofifah serta Emil. Pengumuman yang dimaksud bersamaan dengan penyerahan surat tindakan partai mengenai akan segera calon gubernur kemudian delegasi gubernur Jawa Timur di bangunan DPP PKS, Ibukota Selatan.

“Sudah kami berikan secara secara langsung untuk calon gubernur lalu calon delegasi gubernur Jawa Timur, yaitu terhadap Ibu Hajah Doktor Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur juga Mas Emil Dardak sebagai calon delegasi gubernur Jawa Timur,” ujar Presiden PKS Ahmad Syaikhu ke Gedung DPP PKS, Kamis, 18 Juli 2024.

Pengusungan nama Khofifah kemudian Emil oleh PKS berdasarkan kinerja mereka itu yang tersebut menurut PKS telah terbukti adanya. “Kami telah mengetahui bagaimana kiprah beliau di pemerintah daerah, elektabilitasnya juga bagus, kredibilitas, lalu kapasitas beliau juga sudah ada terbukti.” ujar Syaikhu.

Sebelum PKS, Partai Persatuan Pembangunan atau PPP juga mengumumkan dukungannya untuk Khofifah juga Emil. Pernyataan yang disebutkan dijalankan oleh Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP pada Menteng, Ibukota Pusat pada Jumat, 12 Juli 2024.

“Untuk pemilihan kepala wilayah atau pemilihan gubernur Jawa Timur, kami mengusung Bu Khofifah Indar Parawansa kemudian Mas Emil,” kata Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi

Koalisi yang tersebut dibangun untuk memperkuat pasangan calon gubernur serta delegasi gubernur Khofifah lalu Emil dapat dikatakan sebagai koalisi gemuk. Hal ini dikarenakan keduanya telah dilakukan mendapatkan banyak pengumuman dari beberapa orang partai kebijakan pemerintah yang dimaksud ada. Beberapa partai kebijakan pemerintah yang telah menggalang Khofifah juga Emil diantaranya adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Solidaritas Nusantara (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), serta PPP.

Atas dukungan koalisi gemuknya tersebut, Khofifah berterima kasih serta menyampaikan bahwa ia siap menjalankan mandat masyarakat Jawa Timur apabila terpilih. “Mudah-mudahan semuanya diberikan kekuatan serta keberseiringan kami untuk mendapatkan mandat dari masyarakat Jawa Timur, berseiring rida dan juga barakah Allah SWT,” kata Khofifah.

Sejauh ini belaka PDIP serta PKB yang dimaksud tidak berubah menjadi pendukung paslon cagub kemudian cawagub tersebut. Kedua partai yang dimaksud adalh partai yang tersebut paling berbagai mendapatkan kursi di legislatif kemudian kemungkinan besarnya akan mengajukan kader dari setiap-tiap partai. Kedua partai yang dimaksud juga terus intens mengomunikasikan terkait Pilgub Jatim 2024.

“Akhir-akhir ini kami intens berbicara dengan PKB,” kata Chico pada arahan kata-kata yang diterima Tempo melalui aplikasi mobile WhatsApp, Sabtu, 13 Juli 2024.

PDIP juga sempat mengusung beberapa nama untuk berubah jadi calon gubernur Jawa Timur seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini maupun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara lalu Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Di sisi lain, PKB juga mengusulkan nama lainnya sebagai calon gubernur Jawa Timur yaitu mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, Marzuki Mustamar

“Kami masih cek, ada nama kiai Marzuki. Masih pada tahap menjajaki kemungkinan pasangan. Belum ada kesimpulan akhir,” kata Wakil Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid, Selasa, 2 Juli 2024 lalu.

ADINDA ALYA IZDIHAR | CICILIA OCHA | SAVERO ARISTIA WIENANTO

Pilihan Editor: PKB Masih Cari Figur Hebat untuk Tandingi Khofifah pada Pilgub Jawa Timur

Artikel ini disadur dari Koalisi Khofifah-Emil Dardak Makin Gemuk, Partai yang Mendukung Mereka Bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *