Entertainment

Westlife Pengenalan Lagu Pakai AI, Sebelumnya Melly Goeslaw Pernah Berkolaborasi dengan Mendiang Nike Ardilla

46
×

Westlife Pengenalan Lagu Pakai AI, Sebelumnya Melly Goeslaw Pernah Berkolaborasi dengan Mendiang Nike Ardilla

Share this article

Jakarta – Grup pop dari Irlandia, Westlife baru-baru ini merilis lagu terbaru di bahasa Mandarin menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang menggunakan perangkat lunak pengajaran Kogou AIK.

Westlife telah terjadi memanfaatkan kecerdasan buatan di merilis Love + Courage, sebuah lagu cover dari lagu hit Jason Zhang 2016, tersedia di Tiongkok melalui Tencent Music Entertainment. Lagu yang disebutkan sudah pernah berhasil menghimpun lebih besar dari satu jt streaming di minggu pertamanya.

Sebelumnya, artis Tanah Air Melly Goeslaw merilis lagu Bertemu Kembali dan juga “berkolaborasi” dengan sahabatnya mendiang Nike Ardilla menggunakan teknologi buatan. Dua sahabat sejati yang mana sama-sama merintis karier bernyanyi dari usia belia ini sudah sukses mengukir segudang prestasi melalui hits andalan mereka.

Meski sudah terpaut dimensi, Melly Goeslaw tetap ingin sahabatnya tersebut, Nike Ardilla terlibat pada karya juga perjalanan musiknya melalui perilisan lagu terbarunya yang tersebut berjudul Bertemu Kembali. Lagu hasil “kolaborasi” yang disebutkan dirilis pada 6 Desember 2023.

Jika Westlife menggunakan kecerdasan buatan Kugou AIK yang memungkinkan penggunanya untuk menyanyikan lalu merekam lagu pada 10 bahasa dan juga 15 dialek Tiongkok, di antaranya Inggris, Jepanng, Korea, Kanton, Hokkien, Hakka, kemudian masih banyak lagi.

Sedangkan Melly Goeslaw menggunakan Artificial Intelligence di lagu Melakukan Pertemuan Kembali yang disebutkan dengan penggabungan dua lagu yang dijadikan satu. Dua lagu yang disebutkan yaitu antara lagu milik Nike Ardilla berjudul Duka Pasti Berlalu ciptaan Dadang S Manaf yang tersebut diramu sama-sama lagu terbaru dari Melly Goeslaw. Formula ini adalah sebuah terobosan baru yang digunakan dapat diwujudkan untuk karya sejumlah musisi besar dalam Tanah Air yang tersebut sudah pernah tiada.

Westlife merilis lagu terbarunya dengan menggarap cover lagu hits Jason Zhang dalam 2016, Love + Courage yang dimaksud menggunakan perangkat lunak pengajaran Kogou AIK. Westlife mengemukakan di sebuah pernyataan. “Butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannnya oleh sebab itu kami ingin agar itu benar-benar mencerminkan pengumuman kami dan juga kami sangat senang dengan versi finalnya,” tutur duta dari grup band Westlife.

Lagu terbaru yang tersebut dirilis oleh Westlife ini sudah berhasil menghimpun lebih banyak dari satu jt streaming pada minggu pertamanya.

Sedangkan Melly Goeslaw melalui lagu Bertemu Kembali sosok Nike Ardila seolah dihidupkan kembali berkat kecanggihan Artificial Intelligence yang dimaksud bernama Deep Fake. Teknologi ini merupakan terobosan ke lapangan usaha musik yang digunakan menggunakan kecerdasan buatan untuk menyebabkan audio visual terlihat sangat nyata. Awal mula ide dari perilisan lagu ini dinisiasi terlebih dahulu oleh Melly Goeslaw dan juga kolaborasi dengan Nike Ardilla ini merupakan mimpi besarnya sejak lama.

Melly Goeslaw menyatakan niat baiknya yang disebutkan untuk Indrawati Widjaja atau yang akrab disapa Ibu Acin dari Musica Studio’s, yang digunakan akhirnya Melly Goeslaw mendapat dukungan penuh juga sambutan baik dari pihak label Nike Ardilla. Melly menyampaiakan “Saat itu saya amat terharu dan juga sedih akibat terlalu Bahagia. Mumpung saya masih ada, saya ingin sekali niat ini terealisasikan. Alhamdulillah teknologinya sudah ada mumpuni, jadi bisa saja menghadirkan kembali sosok yang sudah ada tiada serta dikolaborasikan,” tutur nya.

Melly Goeslaw menceritakan mengenai tahapan kreatif pada rute pembuatan lagu Bertemu Kembali yang mana menghabiskan waktu total 3 bulan. Proses pembuatan lagu kemudian rekaman yang digunakan memakan waktu tiap-tiap 1 hari, hingga ke tahap pembuatan musik videonya.

Dalam langkah-langkah pembuatan musik video, Melly Goeslaw merasa emosional pada perjalanannya menuju posisi syuting. Melalui perilisan lagu Berkumpul Kembali tersebut, Melly Goeslaw berharap dari lagu yang dimaksud mampu mengobati kerinduan banyak penggemar ke Nike Ardilla, baik yang mana sudah ada lama maupun baru.

HAURA HAMIDAH I MARVELA | CNA LIFESTYLE
Pilihan editor: Westlife Bayar Utang pada Candi Prambanan, Siapkan Banyak Kejutan untuk Fans

Artikel ini disadur dari Westlife Rilis Lagu Pakai AI, Sebelumnya Melly Goeslaw Pernah Berkolaborasi dengan Mendiang Nike Ardilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *