Entertainment

Begini Westlife Pengenalan Single Baru pada Bahasa Mandarin Pakai Kecerdasan Buatan

42
×

Begini Westlife Pengenalan Single Baru pada Bahasa Mandarin Pakai Kecerdasan Buatan

Share this article

Jakarta – Grup pop dari Irlandia, Westlife menimbulkan sebuah gebrakan baru untuk menyita perhatian penggemarnya dengan merilis sebuah lagu yang sepenuhnya menggunakan bahasa Mandarin. Westlife menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Kecerdasan Buatan pada upayanya merilis sebuah lagu terbarunya yang disebutkan untuk sukses di dalam Tiongkok. Group band pelantun Flying Without Wings ini menggarap cover lagu hits dari Jasong Chang 2016, Love + Courage, serta menggunakan perangkat lunak pengajaran Kogou AIK.

Melansir dari CNAlifestyle, Westlife mengemukakan pada sebuah pernyataan “Sambutan penggemar terhadap kami yang mana menyanyikan The Ordinary Road di bahasa Mandarin benar-benar luar biasa serta ini terasa seperti hal yang mana menyenangkan untuk dikerjakan bagi penggemar kami ke Tiongkok,” dikutipkan dari laman cnalifestyle.channelnewsasia.com

Tidak hanya saja itu, Westlife pun menambahkan di sebuah pernyataan bahwa pada perilisan lagu terbaru ini memerlukan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Hal yang disebutkan lantaran Westlife ingin lagu yang disebutkan nanrinya mencerminkan  suara mereka itu serta merekan sangat senang dengan versi finalnya.

“Ini sangat menarik. Kami senang lagu ini adalah salah satu lagu Jason Zhang akibat kami pernah tampil bersamanya di dalam tur sebelumnya. Kami berharap penggemar kami di dalam Tiongkok menyukainya,” tambah Westlife di sebuah pernyataan.

Kuartet yang digunakan terdiri dari Nicky Byrne, Kian Egan, Mark Feehily, juga Shane Filan ini bukan benar-benar bernyanyi di lagu tersebut. Lagu yang mana merekan rilis tesebut mengggunakan teknologi nyanyian Teknologi AI multibahasa pertama ke dunia. Meskipun demikian, grup band ini masih terlibat berpartisipasi pada serangkaian kreatifnya, sehingga lagu yang dimaksud berhasil diputar tambahan dari satu jt kali di minggu pertamanya.

Dalam penggarapan rilisan lagu terbarunya, Westlife secara pribado mengawasi seluruh serangkaian kreatif selama beberapa bulan kemudian terlibat penuh pada versi final. Teknologi kecerdasan buatan yang mana digunkana sebagai Kogou AIK, yaitu sebuah teknologi kecerdasan buatan yang mana memungkinkan pengguna untuk menyanyikan lalu merekam lagu di 10 bahasa kemudian 15 dialek Tiongkok, diantaranya Inggris, Jepang, Korea, Kanton, Hokkien, serta banyak lagi.

Grup band yang beranggotakan empat warga ini berhasil mencapai jutaan kopi pada penjualannya dan juga bermetamorfosis menjadi salah satu artis internasional terbesar sepanjang sejarah ke Tiongkok. Westlife juga berubah jadi salah satu grup internasional terpopuler di dalam Weibo kemudian WeChat Channels, yaitu dua dari jaringan media sosial ke Tiongkok yang dimaksud paling signifikan. Mereka juga memegang rekor penonton secara langsung terbanyak yang tersebut pernah dicapai untuk konsr streaming langsung, berduet dengan Backstreet Boys juga mencapai 44 jt pemirsa waktu nyata di dalam WeChat.

Tencent Music Entertainment mengungkapkan, bahwa sejak Westlife merilis album Wild Dreams pada 2021 lalu, Westlife terus memperdalam hubungan dengan Tiongkok. Pada 2022 lalu, Westlife menyebabkan kecintaan pada penggemar mereka di Tiongkok ke tingkat yang lebih besar lebih tinggi dengan berpartisipasi terlibat pada kegiatan nirlaba tahunan If Music Has A Shape milik Tencent Music Group juga hal yang dimaksud menunjukkan kecintaan merek untuk penggemar Tiongkok melalui kampanye.

Dedikasi sama-sama yang mana berkelanjutan inilah yang digunakan menjadikan alasan Tencent Music Entertainment memilih Westlife sebagai artis internasional pertama yang berkolaborasi untuk merilis musik menggunakan kecerdasan buatan. Tencent Music Entertainment pun menambahkan “Kami berharap dapat menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan untuk menghadirkan Westlife sedikit lebih tinggi dekat dengan penggemar mereka itu pada Tiongkok,”.

Grup band dengan syarat Irlandia ini telah dilakukan mengirimkan lebih besar dari 55 jt rekaman juga meraih 36 kali album No.1, mengoleksi lebih tinggi dari satu miliar streaming global serta satu miliyar penayangan dalam YouTube. Westlife juga sudah berjualan lebih tinggi dari enam jt tiket konser dalam seluruh dunia.

CNA LIFESTYLE | MUSICWEEK
Pilihan editor: Westlife Peluncuran Lagu Pakai AI, Sebelumnya Melly Goeslaw Pernah Berkolaborasi dengan Mendiang Nike Ardilla

Artikel ini disadur dari Begini Westlife Rilis Single Baru dalam Bahasa Mandarin Pakai AI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *