Berita

Sufmi Dasco Pastikan Gerindra Usung Ahmad Luthfi untuk Pilgub Jawa Tengah

49
×

Sufmi Dasco Pastikan Gerindra Usung Ahmad Luthfi untuk Pilgub Jawa Tengah

Share this article

JakartaKetua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjamin bahwa partainya akan mengusung Ahmad Luthfi untuk pemilihan gubernur Jawa Tengah tahun ini. Awalnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memproyeksikan Sudaryono di dalam Pilgub Jawa Tengah.

“Untuk Jawa Tengah Gerindra akan merekomendasikan Ahmad Luthfi berubah menjadi Calon Gubernur,” kata Dasco melalui instruksi singkat terhadap Tempo pada Kamis, 18 Juli 2024.

Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, akan menjadi Wakil Menteri. Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan segera melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian dan juga Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan. Thomas juga merupakan politikus Gerindra yang dimaksud menjabat sebagai Bendahara DPP.

Dasco membenarkan bahwa Thomas kemudian Sudaryono masuk bursa delegasi menteri Jokowi. . “(Kalau dilantik di waktu dekat) Mudah-mudahan benar. Senang dengarnya kalau benar,” kata dia. 

Ahmad Luthfi yang tersebut ketika ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah punya pengalaman panjang tambahan dari 10 tahun bertugas di dalam Jawa Tengah. Ia merupakan sahabat Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Ia pernah menjabat Wakil Kepala Polresta pada waktu Jokowi menjabat Wali Pusat Kota Solo.

Partai Golkar sudah ada menyatakan dukungan untuk Ahmad Luthfi pada Pilgub Jawa Tengah. Sementara Partai Amanat Nasional segera memaparkan surat rekomendasi terhadap Ahmad Luthfi setelahnya mengumumkan dukungan secara masyarakat Juni lalu.

Lembaga riset Angka Fakta Nasional (IDN) mengungkapkan bahwa elektabilitas Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menempel ketat dengan Ahmad Luthfi di dalam survei terbaru terkait Pilgub Jateng.

Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus menjelaskan, pada simulasi terbuka, elektabilitas Sudaryono berada dalam kedudukan kedua, serta menempel ketat Ahmad Luthfi yang dimaksud berada pada sikap pertama. “Elektabilitas Sudaryono sebesar 9,6 persen atau berada dalam kedudukan kedua dengan menempel ketat Ahmad Luthfi yang digunakan berada di kedudukan pertama sebesar 13,5 persen,” kata Syifak di keterang yang digunakan diterima di dalam Jakarta, Senin, dikutipkan oleh Antara.

Artikel ini disadur dari Sufmi Dasco Pastikan Gerindra Usung Ahmad Luthfi untuk Pilgub Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *