Berita

Sudaryono Bakal Isi Kedudukan Wamentan, Thomas Djiwandono Sebagai Wamenkeu

47
×

Sudaryono Bakal Isi Kedudukan Wamentan, Thomas Djiwandono Sebagai Wamenkeu

Share this article

JakartaDua politikus Partai Gerindra, Sudaryono lalu Thomas Djiwandono, disebut-sebut akan mengisi tempat Wakil Menteri. Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik merek di waktu dekat.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan bahwa Sudaryono masuk bursa Wakil Menteri Pertanian serta Thomas berubah menjadi Wakil Menteri Keuangan. “Benar dia masuk bursa Wamen. (Dilantik pada waktu dekat) Mudah-mudahan benar. Senang dengarnya kalau benar,” kata Dasco terhadap Tempo melalui arahan singkat pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kabar pelantikan Thomas juga Sudaryono oleh Jokowi diungkapkan oleh dua politikus Koalisi Indonesi Maju kemudian orang pejabat yang digunakan dekat dengan Istana Kepresidenan. Narasumber mengatakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah memohon Sudaryono kemudian Thomas untuk bersiap pada hari ini, Kamis, 18 Juli 2024. 

Meski begitu, Istana Kepresidenan belum bisa saja memverifikasi apakah akan ada pelantikan pejabat negara hari ini, pada saat dikonfirmasi oleh Tempo. Presiden Jokowi baru pulang kunjungan kerja dari Uni Emirat Arab dini hari tadi. 

Kabar pergantian pejabat ini berlangsung di dalam berada dalam masa transisi kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Awalnya Sudaryono diproyeksikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk berubah menjadi akan calon Pengurus Jawa Tengah. Namun Dasco mengutarakan Gerindra akan merekomendasikan Ahmad Luthfi berubah menjadi calon gubernur.

Ahmad Luthfi punya pengalaman panjang lebih lanjut dari 10 tahun bertugas ke Jawa Tengah. Dia merupakan sahabat Kepala Polri Listyo Sigit Prabowo. Kepala Kepoisian Daerah Jawa Tengah sejak 2020 ini pernah menjabat Wakapolresta pada waktu Jokowi menjabat Wali Perkotaan Solo.

Partai Golkar sudah ada menyatakan dukungan untuk Ahmad Luthfi pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah. Sementara Partai Amanat Nasional segera mengemukakan surat rekomendasi untuk Ahmad Luthfi setelahnya mengumumkan dukungan secara rakyat Juni lalu. 

Adapun Thomas Djiwandono merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra sejak 2014. Tommy, sapaan Thomas, mengisi Tim Gugus Tindakan Sinkronisasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang dipimpin Sufmi Dasco Ahmad mendekati pergantian pemerintahan Jokowi.

Tommy diperkenalkan sebagai anggota gugus tugas yang digunakan membidangi ekonomi lalu keuangan. Tommy tiada lain merupakan keponakan dari Prabowo Subianto.

Artikel ini disadur dari Sudaryono Bakal Isi Posisi Wamentan, Thomas Djiwandono Sebagai Wamenkeu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *