Berita

Jokowi Segera Lantik Sudaryono lalu Thomas Djiwandono Sebagai Wamen

53
×

Jokowi Segera Lantik Sudaryono lalu Thomas Djiwandono Sebagai Wamen

Share this article

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut-sebut akan segera melantik dua politikus Partai Gerindra, Sudaryono juga Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri. Pergantian pejabat ini terbentuk pada sedang masa transisi kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kabar pelantikan Thomas kemudian Sudaryono oleh Jokowi diungkapkan oleh dua politisi Koalisi Negara Indonesia Maju lalu orang pejabat yang tersebut dekat dengan Istana Kepresidenan. Narasumber menyampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah meminta-minta Sudaryono lalu Thomas untuk bersiap pada Kamis, 18 Juli 2024. Namun Presiden Jokowi baru pulang kunjungan Kerja dari Uni Emirat Arab dini hari tadi.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan bahwa Sudaryono masuk bursa Wakil Menteri Pertanian juga Thomas menjadi Wakil Menteri Keuangan. “Benar merekan masuk bursa Wamen. (Dilantik pada waktu dekat) Mudah-mudahan benar. Senang dengarnya kalau benar,” kata Dasco untuk Tempo melalui instruksi singkat pada Kamis, 18 Juli 2024.

Istana Kepresidenan belum sanggup melakukan konfirmasi apakah akan ada pelantikan pejabat negara hari ini, saat dikonfirmasi oleh Tempo.

Awalnya Sudaryono diproyeksikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk berubah menjadi akan calon Pemimpin wilayah Jawa Tengah. Namun Dasco mengungkapkan Gerindra akan merekomendasikan Ahmad Luthfi bermetamorfosis menjadi calon gubernur.

Ahmad Luthfi disebut-sebut sebagai pemukim dekat Jokowi. Luthfi punya pengalaman panjang lebih tinggi dari 10 tahun bertugas ke Jawa Tengah. Dia merupakan sahabat Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Kapolda Jawa Tengah sejak 2020 ini pernah menjabat Wakapolresta pada waktu Jokowi menjabat Wali Daerah Perkotaan Solo.

Partai Golkar telah menyatakan dukungan untuk Ahmad Luthfi ke pemilihan gubernur Jawa Tengah. Sementara Partai Amanat Nasional segera mendeklarasikan surat rekomendasi untuk Ahmad Luthfi pasca mengumumkan dukungan secara rakyat Juni lalu.

Thomas Djiwandono merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra sejak 2014. Tommy mengisi Tim Gugus Pekerjaan Sinkronisasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang digunakan dipimpin Sufmi Dasco Ahmad mendekati pergantian pemerintahan Jokowi.

Tommy diperkenalkan sebagai anggota gugus tugas yang tersebut membidangi dunia usaha serta keuangan. Tommy merupakan keponakan dari Prabowo Subianto.

Artikel ini disadur dari Jokowi Segera Lantik Sudaryono dan Thomas Djiwandono Sebagai Wamen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *