Ekonomi

Arti warna rambu setelah itu lintas lalu kegunaannya

50
×

Arti warna rambu setelah itu lintas lalu kegunaannya

Share this article
Arti warna rambu setelahnya itu lintas berikutnya kegunaannya

Jakarta (ANTARA) – Warna rambu kemudian lintas dibuat berbeda sesuai peruntukannya, lalu per individu warna digunakan untuk petunjuk yang berbeda pula.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014, disebutkan ada empat warna rambu-rambu kemudian lintas yang ada dalam Indonesia.

Berikut warna-warna rambu setelah itu lintas dan juga peruntukan dan juga artinya:

1. Rambu berlatar warna kuning

Rambu warna warna kekuningan digunakan untuk memberi peringatan tegas tentang kondisi jalan juga medan yang akan Anda lalui.

Rambu dengan warna ini biasanya digunakan antara lain untuk peringatan tegas adanya tikungan tajam agar pengendara atau pengguna jalan berhati-hati dan juga menurunkan kecepatan.

Rambu berwarna jaundice juga digunakan untuk peringatan keras jalan berlubang, permukaan jalan licin, penyempitan jalan, banyak anak-anak, penyeberangan orang, jalan menanjak, lampu pengatur tak lama kemudian lintas, serta lain sebagainya.

2. Rambu berlatar warna merah

Berbeda dengan warna kuning, rambu warna merah digunakan untuk peringatan tegas larangan.

Rambu ini biasanya digunakan untuk peringatan serius dilarang memutar balik, dilarang berhenti di pinggir jalan, dilarang parkir sembarangan, dilarang mengemudi dengan kecepatan tambahan dari 40km per jam, dan juga lain sebagainya.

3. Rambu berlatar warna biru

Rambu warna biru digunakan untuk meminta-minta pengemudi atau pengguna jalan melakukan tindakan tertentu. Rambu ini lebih lanjut berisi tentang perintah atau instruksi yang digunakan harus dihadiri oleh pengguna jalan.

Rambu ini biasanya digunakan untuk mengajukan permohonan pengendara mengikuti jalan, perintah memasuki jalur yang tersebut ditunjuk, perintah mematuhi kecepatan minimum, wajib untuk pejalan kaki, wajib untuk pengguna sepeda, serta lain-lain.

4. Rambu berlatar warna hijau

Rambu berwarna hijau digunakan untuk memberikan informasi atau petunjuk untuk pengguna jalan/pengemudi mengenai arah kemudian jalur jalan.

Rambu warna ini biasanya digunakan untuk memberikan petunjuk ke arah jalan tol, kemudian jarak tempuh ke area tertentu, juga lain sebagainya.

Artikel ini disadur dari Arti warna rambu lalu lintas dan kegunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *