Ekonomi

Industri Baja Lokal Berkontribusi Bangun IKN, Airlangga: Tuan Rumah dalam Negara Sendiri

52
×

Industri Baja Lokal Berkontribusi Bangun IKN, Airlangga: Tuan Rumah dalam Negara Sendiri

Share this article

Jakarta – Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi peran bidang baja lokal.  Menurut beliau sektor ini telah mampu berubah menjadi tuan rumah dalam negeri sendiri. “Contohnya IKN, seluruh steel construction dibuat di dalam Indonesi serta ini keuntungan kita,” ujar Airlangga pada pernyataan resmi, Rabu, 10 Juli 2024.

Sebagai salah satu lapangan usaha pendukung pengembangan infrastruktur, lapangan usaha baja dianggap induk yang digunakan punya peranan strategis di memenuhi keinginan sektor bidang lain. Airlangga memaparkan bidang besi lalu baja nasional telah lama menunjukkan peningkatan yang mana cukup signifikan. Capaian ekspor besi serta baja lokal senilai US$ 26,7 miliar atau setara Mata Uang Rupiah 400 triliun di dalam 2023.

Kinerja neraca perdagangan besi dan juga baja juga mengalami perbaikan dari defisit US$ 3 miliar pada 2019 berubah menjadi surplus US$ 15,3 miliar di 2023. Hal ini disertai dengan perkembangan sektor logam dasar sejak kuartal I 2023 hingga paruh awal 2024 dalam rentang 11-18 persen. Selain itu, ada peningkatan ekspor produk-produk logam dasar dari 8,74 persen pada 2019 menjadi 16,74 persen 2023.

Karena itu, Airlangga yakin sektor baja ke Tanah Air kian menguat dan juga diperhitungkan beragam negara di dunia. Dengan permintaan yang digunakan terus meningkat, Ia menghimbau target sektor baja dapat ditingkatkan hingga 20 jt ton. “Mengingat konsumsi diperkirakan akan meningkat hingga 18-19 jt ton,” ujarnya.

Airlangga menambahkan, pelaku perniagaan terhadap barang penunjang produksi atau capital goods. Karena pemerintah telah dilakukan memberikan banyak insentif yang dapat meringankan pelaku bidang seperti pembebasan bea masuk kemudian pembebasan PPN.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku siap melindungi lalu memperkuat bidang besi baja nasional. Nusantara pada waktu ini menempati peringkat keempat negara eksportir besi dan juga baja terbesar di dalam dunia. “Sebelumnya ranking 17 juga sekarang ranking 4, jadi luar biasa pertumbuhan yang tersebut sangat besar,” ujar Zulhas seperti dikutipkan dari Antara Rabu, 10 Juli 2024.

Artikel ini disadur dari Industri Baja Lokal Berkontribusi Bangun IKN, Airlangga: Tuan Rumah di Negara Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *