Olahraga

Dewan IOC usulkan Olimpiade e-sports

58
×

Dewan IOC usulkan Olimpiade e-sports

Share this article
Dewan IOC usulkan Olimpiade e-sports

DKI Jakarta – Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengungkapkan rencana untuk mengadakan "e-sport Olympic Games" yang mana terpisah dari Olimpiade tradisional.

Dewan eksekutif badan Olimpiade, pada hari ketiga lalu terakhir pertarungan mereka itu pada Lausanne, mengusulkan kompetisi baru yang disebutkan untuk dipilih pada sidang umum ke Paris pada di malam hari Olimpiade musim panas.

"IOC sudah ada melakukan diskusi lanjutan dengan calon tuan rumah kemudian pengumumannya akan segera diumumkan," demikian siaran pers IOC, tanpa merinci olahraga apa cuma yang dimaksud akan diikutsertakan, disitir dari AFP, Jumat.

IOC, di upayanya yang mana tiada henti untuk menyelaraskan tradisi Olimpiade dengan upaya menyita perhatian penonton yang lebih besar muda, mengadakan "pekan e-sport Olimpiade" pertama dalam Singapura pada Juni 2023, yang terdiri dari "sepuluh acara kategori campuran gender."

Oktober lalu, IOC membentuk "komisi e-sport" yang mana diketuai oleh David Lappartient dari Prancis, presiden induk organisasi internasional olahraga kendaraan beroda dua (UCI), untuk mempertimbangkan kompetisi khusus.

"Dengan terciptanya Olympic Esports Games, IOC mengambil langkah progresif yang besar kemudian mengikuti laju revolusi digital," kata Bach.

"Kami sangat gembira betapa antusiasnya komunitas e-sports yang tersebut diwakili pada Komisi Esports kami terlibat pada inisiatif ini."

Bach mengutarakan ia bukan mengawasi e-sports sebagai bagian dari Olimpiade tradisional.

"Sehubungan dengan esports, nilai-nilai kami adalah juga masih berubah menjadi garis merah yang tidaklah akan pernah kami lewati," kata ketua IOC tersebut.

Olimpiade khusus yang dimaksud akan diselenggarakan "dalam kerangka bangunan khusus yang digunakan sepenuhnya baru pada IOC, yang tersebut jelas terpisah dari model organisasi kemudian keuangan Olimpiade."

Namun ia merinci bahwa federasi internasional "yang telah terlibat pada versi elektronik olahraga mereka," juga komite Olimpiade nasional "yang menyertakan e-sport di aktivitas mereka," dapat dikaitkan dengan Olimpiade baru tersebut.

Artikel ini disadur dari Dewan IOC usulkan Olimpiade e-sports

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *